Kamis 06 Jul 2023 18:18 WIB

Habib Abdur Rahman: Membela Alquran  Keharusan Bagi Muslim

Alquran menjadi pedoman bagi umat manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Sebagai umat muslim tentu wajib membela Alquran. (ilustrasi)
Foto:

Menurut Habib Abdur Rahman orang yang mencintai Alquran akan membela Alquran dengan cara yang cerdas. 

"Jika hati kita merasa sedih dan menangis saat agama kita dihina, maka akan muncul reaksi istimewa, karena hati adalah raja dari dalam diri kita. Hatilah yang akan membuat program yang cerdas untuk membela Alquran. Berbeda dengan jika kita membela agama hanya karena ingin dipuji atau hanya ikut-ikutan. Membela Alquran adalah keharusan bagi seorang muslim, karena Alquran  akan menjadi pembela kepada kita pada hari kiamat," katanya. 

Sebagaimana sabda Rasulullah  SAW:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

“Bacalah oleh kalian Al-Qur’an karena ia (Al-Qur’an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya.

 (HR. Muslim)

Habib Abdur Rahman mengatakan bahwa kesadaran membela Alquran jangan hanya muncul saat Alquran dinistakan. Menurutnya seseorang Muslim akan dianggap betul-betul membela Alquran jika dalam setiap nafas kehidupan berpedoman pada Alquran. Berperilaku dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak mulia sesuai yang diajarkan Alquran. Sehingga menurut Habib Abdur Rahman orang yang berakhlak akan disegani dan dicintai oleh setiap orang bahkan oleh pihak musuh.

"Satu hal yang perlu kita ingat bahwa sejak masa silam, orang kafir dan orang munafik selalu bekerja sama. Orang kafir melakukan konspirasi untuk merusak islam dari luar, sementara orang munafik bertugas melakukan pendangkalan ideologi kaum muslimin. Mereka saling membisikkan kalimat indah, untuk menipu orang yang beriman," katanya. 

Sebagaiman firman Allah SWT:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا

Demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu manusia. (Surat al-An’am ayat 112)

"Setiap pecinta akan membela yang dicintainya. Dan bagi seorang Muslim membela Alquran adalah suatu keniscayaan. Allah pun dalam Al-Qur'an memberikan janji indah untuk itu," kata Habib Abdur Rahman 

Allah SWT berfirman:

وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

 

Sungguh Allah akan menolong orang yang membela-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Surat al-Hajj: 40).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement