Kamis 06 Jul 2023 14:28 WIB

Menlu Turki: Membiarkan Pembakaran Alquran di Swedia Sama Saja Menghina Muslim

Insiden itu dapat menimbulkan masalah serius bagi pengajuan keanggotaan NATO.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Demonstran menginjak bendera tiruan Swedia saat  demo terhadap pembakaran salinan Alquran di Swedia, di Karachi, Pakistan, Ahad (2/7/2023).
Foto: EPA/ SHAHZAIB AKBER
Demonstran menginjak bendera tiruan Swedia saat demo terhadap pembakaran salinan Alquran di Swedia, di Karachi, Pakistan, Ahad (2/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Hakan Fidan mengutuk tindakan pembakaran Alquran baru-baru ini di Stockholm. Fidan memperingatkan kebencian terhadap Muslim, orang-orang asal Afrika dan Asia, orang-orang Yahudi dan imigran telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurutnya, dengan mengizinkan pembakaran Alquran sama halnya dengan penghinaan terhadap jutaan orang Muslim. Apalagi membenarkan tindakan itu dengan dalih kebebasan berekspresi.

Baca Juga

"Untuk membiarkan ini terjadi dengan dalih kebebasan berekspresi adalah penghinaan yang jelas terhadap miliaran orang. Tetapi kita tidak boleh berkecil hati dengan gambar-gambar yang tidak menyenangkan ini," kata Menteri Luar Negeri Hakan Fidan pada Pertemuan Tingkat Menteri Biro Koordinasi Gerakan Non-Blok yang diadakan di ibu kota Azerbaijan Baku.

Kata-katanya muncul setelah seorang pria merobek dan membakar Alquran di luar masjid pusat Stockholm pekan lalu pada hari raya Idul Adha. Tindakan itu membuat Turki marah besar, termasuk negara-negara mayoritas Muslim lainnya yang mengutuk langkah tersebut.

Fidan sebelumnya mengkritik fakta bahwa tindakan itu diizinkan oleh otoritas Swedia, sementara pelaku berada di bawah perlindungan polisi saat membakar kitab suci. Insiden itu dapat menimbulkan masalah serius bagi pengajuan keanggotaan NATO Swedia, yang mereka ajukan lebih dari setahun yang lalu dan sebagian ditahan karena insiden serupa di masa lalu.

Menunjukkan kebencian terhadap Muslim, orang-orang asal Afrika dan Asia, orang-orang Yahudi dan imigran telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya hari ini, Fidan mengatakan serangan terhadap Islam, terutama di Eropa, hampir menjadi epidemi.

Dia menambahkan Turki akan secara aktif mengikuti isu-isu mulai dari terorisme, konflik bersenjata hingga perubahan iklim dan rasisme di periode baru. Fidan memuji Gerakan Non-Blok karena menargetkan perdamaian dan pembangunan berkelanjutan serta dunia yang lebih adil.

Turki mengikuti perkembangan dalam Gerakan Non-Blok dan berpartisipasi dalam pertemuan tingkat tinggi gerakan sebagai negara tamu sejak 2006. Fidan mengindikasikan Turki akan melanjutkan upayanya menengahi antara Rusia dan Ukraina.

“Kami telah bekerja untuk perdamaian yang adil melalui negosiasi diplomatik sejak awal perang. Turki mampu memfasilitasi diskusi tentang semua masalah penting. Yang terpenting, melalui Inisiatif Gandum Laut Hitam, kami telah mencegah krisis pangan global dengan menyatukan Ukraina, Rusia, dan PBB. Turki bertekad untuk mempertahankan inisiatif ini," kata dia, dilansir dari Daily Sabah, Kamis (6/7/2023).

"Kami menjaga penyelesaian konflik secara damai tetap tinggi dalam agenda kami dengan memimpin inisiatif seperti mediasi untuk perdamaian. Turki sangat percaya bahwa multilateralisme yang efektif adalah kunci untuk mengatasi ketidakadilan global."

Mediasi Turki terbukti penting dalam memfasilitasi penandatanganan kesepakatan antara Turki, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Rusia dan Ukraina di Istanbul untuk membuka kembali pelabuhan Ukraina tertentu untuk melepaskan biji-bijian yang telah terjebak selama berbulan-bulan karena konflik yang sedang berlangsung. Perkembangan ini sangat penting dalam menanggapi krisis pangan global yang berkembang.

Turki adalah salah satu negara paling aktif yang bekerja untuk memastikan gencatan senjata permanen antara Ukraina dan Rusia. Tindakannya yang seimbang untuk mengambil peran mediator dengan menjaga saluran komunikasi dengan kedua belah pihak yang bertikai tetap terbuka memberikan secercah harapan dalam upaya diplomatik untuk menemukan solusi dan mencapai perdamaian dalam krisis Ukraina.

Dalam sebuah terobosan, delegasi Rusia dan Ukraina bertemu untuk pembicaraan damai di Istanbul tahun lalu. Turki juga menjamu menteri luar negeri Rusia dan Ukraina di Antalya pada tahun yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement