Sabtu 01 Jul 2023 22:51 WIB

Semen Indonesia Salurkan 489 Hewan Kurban di 20 Provinsi

Hewan kurban yang disalurkan oleh SIG melibatkan UMKM peternak lokal

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan 489 hewan kurban yang terdiri dari 175 ekor sapi dan 314 ekor kambing dalam momen Idul Adha 1444H. Adapun penyaluran dilakukan secara bertahap mulai Jumat
Foto: istimewa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan 489 hewan kurban yang terdiri dari 175 ekor sapi dan 314 ekor kambing dalam momen Idul Adha 1444H. Adapun penyaluran dilakukan secara bertahap mulai Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan 489 hewan kurban yang terdiri dari 175 ekor sapi dan 314 ekor kambing dalam momen Idul Adha 1444H. Adapun penyaluran dilakukan secara bertahap mulai Jumat (16/6/2023) hingga Rabu (28/6/2023) di 133 lokasi yang meliputi masjid, yayasan, pondok pesantren, instansi serta pemukiman masyarakat sekitar operasional perusahaan.

Wilayah penyaluran hewan kurban oleh Semen Indonesia tersebar di 20 provinsi meliputi Aceh, Bali (Buleleng), Banten (Cilegon), Bengkulu, Jawa Barat (Bogor dan Cianjur), Jawa Tengah (Kendal, Rembang, Blora dan Cilacap), Jawa Timur (Gresik, Banyuwangi, Malang, Lumajang dan Tuban), Kalimantan Barat (Mempawah). Kemudian, Kalimantan Selatan (Banjarmasin), Kalimantan Timur (Samarinda dan Balikpapan), Lampung, Maluku (Ambon) Maluku Utara (Tidore), Papua Barat (Sorong), Sulawesi Barat (Mamuju), Sulawesi Selatan (Pangkep dan Makassar), Sulawesi Tenggara (Kendari), Sulawesi Utara (Bitung), Sumatra Barat (Padang), serta Sumatra Selatan (Ogan Komering Ulu).

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Vita Mahreyni, mengatakan Iduladha menjadi momentum terus bersyukur dan berbagi manfaat kepada sesama. Penyaluran hewan kurban merupakan program rutin tahunan perusahaan yang diharapkan dapat memberikan dampak sosial bernilai tambah, sekaligus mempererat tali silaturahmi serta kebersamaan dengan masyarakat pada perayaan Idul Adha 1444H.

Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan, Semen Indonesia konsisten menjalankan aksi berbagi manfaat, tidak hanya menyalurkan hewan kurban bagi masyarakat tapi juga memberdayakan UMKM. 

 

"Hewan kurban yang disalurkan oleh SIG melibatkan UMKM peternak lokal sehingga meningkatkan perekonomian pelaku UMKM. SIG juga memastikan seluruh hewan kurban yang disalurkan telah melalui tes kesehatan sehingga layak untuk dikonsumsi dan disalurkan secara terarah sehingga tepat sasaran," ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (1/7/2023).

Salah satu penerima bantuan hewan kurban, Ketua Yayasan Wanita Nararya Kirana, Kabupaten Lumajang, Nungki Dwi Hayuningtyas, merasa bersyukur mendapat bantuan 10 ekor sapi kurban dari SIG. 

“Bantuan yang kami terima akan kami salurkan dalam bentuk daging serta makanan siap saji berupa abon, karena dapat lebih tahan lama dan didistribusikan dengan mudah. Nantinya akan kami bagikan kepada warga yang ada di Desa Pasirian, Sukodono, Senduro Kabupaten Lumajang dan Desa Tanggul serta Sumbersari di Kabupaten Jember,” ucapnya.

Yayasan Wanita Nararya Kirana merupakan yayasan yang memberdayakan janda dan dhuafa yang ada di Kabupaten Lumajang. Dalam pengelolaan hewan kurban menjadi makanan siap saji, yayasan melibatkan sebanyak 30 orang dalam proses pembuatannya, jadi mereka juga mendapat penghasilan tambahan dengan adanya program ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Kundari. Mewakili warga desanya, ia berterima kasih atas kepedulian Semen Indonesia.  Selain memberikan nuansa suka cita pada momen perayaan Idul Adha, bantuan dari Semen Indonesia, juga menambah jumlah hewan kurban di masjid dan mushola desa.

“Tidak hanya pada momen Idul Adha saja, tetapi juga banyak bantuan lain yang telah diberikan SIG yang manfaatnya dirasakan langsung oleh warga seperti bantuan infrastruktur jalan desa, semoga kepedulian ini menjadikan berkah bagi perusahaan,” ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement