Sabtu 01 Jul 2023 12:57 WIB

Imbau Warga Tetap Waspada, MDMC DIY Respons Cepat Gempa di Bantul

MDMC DIY mengerahkan Tim Kaji Cepat ke beberapa daerah terdampak gempa.

Tenda darurat milik warga yang terdampak gempa di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Warga terpaksa mendirikan tenda darurat karena rumah rusak pascagempa 6,4 skala Richter di Bantul.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tenda darurat milik warga yang terdampak gempa di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Warga terpaksa mendirikan tenda darurat karena rumah rusak pascagempa 6,4 skala Richter di Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Bantul 30 Juni 2023 Gempa dirasakan sangat kuat terjadi di Kabupaten Bantul dan beberapa daerah lainya. Berdasarkan informasi dari BMKG, bahwa Gempa dirasakan Mag: 6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS, 110.08 BT (Pusat gempa berada di Laut 86 Km Barat Daya Bantul), Kedlmn: 25 Km, Dirasakan (MMI): IV Kulonprogo, IV Nganjuk, IV Kebumen , IV Ponorogo, III – IV Kediri, III Mojokerto: BMKG. Sesuai dengan data dari Pusdalop BPBD DIY, & MDMC DIY.

Dampak Kejadian gempa antara lain Kabupaten Gunungkidul 73 bangunan kategori rusak ringan-sedang, lokasi kerusakan terbanyak di kapanewon semanu. Kabupaten Bantul 35 bangunan kategori kerusakan ringan-sedang. Kabupaten Kulon Progo: 6 bangunan dan Kabupaten Sleman 1 bangunan kategori sedang.

Baca Juga

Total dampak kerusakan Gempa DIY : 115 bangunan dengan rincian Rumah Rusak (105 Unit), Fasilitas Pemerintah (5 unit), Fasilitas Kesehatan (1 unit), tempat ibadah (1 unit), tempat usaha (1 unit) dan fasilitas Pendidikan (2 unit). Selain itu kerusakan yang terjadi di Amal Usaha Muhammadiyah di DIY SMP Muhammadiyah 2 Gamping rusak ringan (genteng bergeser).

Indrayanto Ketua MDMC DIY mengatakan, pada malam pasca gempa bumi terjadi MDMC DIY mengerahkan Tim Kaji Cepat ke beberapa daerah terdampak baik di Kab Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, Sleman & Kota Yogja. Hasil dari tim kaji cepat merekomendasikan warga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. Saat ini salah satu warga terdampak gempa dirawat di RS PKU Muhammadiyah Bantul, sementara RS PKU Jogja dan PKU Gamping disiagakan apabila ada eskalasi warga terdampak susulan.

Sementara wakil ketua PWM DIY dr. Ahmad Faesol menyampaikan PWM DIY menekankan pentingnya mengurangi risiko dari dampak gempa bumi yang terjadi dengan mendorong MDMC DIY melakukan respons secara cepat, tepat, partisipastif dan akuntabel sebagai bagian dari hadirnya Muhammadiyah DIY bagi warga terdampak.

Amal Usaha Muhammadiyah seperti Rumah Sakit dan perguruan tinggi Muhammadiyah dapat menjadi bagian dari respons Muhammadiyah ini berdasar dari kebutuhan respons berdasar data kaji cepat yang dilakukan. 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/07/01/imbau-tetap-waspada-mdmc-diy-respon-cepat-gempa-bumi-di-bantul/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement