Jumat 30 Jun 2023 06:17 WIB

BMH Rayakan Idul Adha 1444 H Bersama Para Penyintas Gempa Cianjur

BMH pada Idul Kurban tahun ini melakukan penyembelihan 26 hewan kurban.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda
BMH mendistribusikan 26 hewan kurban yang bertempat di Pasir Gombong, Desa Sukamulya, Cugenang. (ilustrasi).
Foto: Dok BMH
BMH mendistribusikan 26 hewan kurban yang bertempat di Pasir Gombong, Desa Sukamulya, Cugenang. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) merayakan Idul Kurban 1444 Hijriah dengan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat penyintas gempa di Cianjur. BMH mendistribusikan 26 hewan kurban yang bertempat di Pasir Gombong, Desa Sukamulya, Cugenang.

Koordinator kurban BMH dari Jawa Barat, Yusuf menyampaikan, BMH pada Idul Kurban tahun ini melakukan penyembelihan 26 hewan kurban di Pasir Gombong. Dia mengatakan, satu kambing menghasilkan 18 kantong sehingga jika ditotal mencapai 468 bungkus.

"Total penerima manfaatnya ada 756 jiwa, dengan asumsi hitungan empat orang dalam satu keluarga," jelas Yusuf, dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (29/6/2023).

Dalam proses penyembelihan, tampak masyarakat begitu antusias mengikuti penyembelihan. Para warga ini sudah menanti pembagian yang mana setiap orangnya memegang kupon sebagai syarat pengambilan daging.

Salah seorang warga setempat, Syarifah, bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada BMH karena telah melaksanakan kurban di desanya. Sementara itu, Ketua RW 2 setempat Udin Jaedin menuturkan, terdapat 189 Kepala Keluarga di wilayahnya, yang tergabung dari RT 01, 02 dan 03.

Sebagai orang asli kampung itu, Udin mengaku terharu karena baru kali ini di desanya hewan qurban sebanyak ini yang didatangkan BMH. "Kami sangat bahagia. Tahun ini kurban paling banyak, sebelumnya gak pernah sebanyak ini," kata Udin.

Menurutnya, hal ini di antara hikmah dari musibah gempa di Cianjur November tahun lalu. "Ya syukur, mayoritas warga di sini sudah bisa menerima ujian (gempa) itu," katanya.

Warga lain yang merupakan penerima manfaat hunian sementara BMH, Maman, merasa senang melihat antusiasme warga di kampung. "Alhamdulillah masyarakat di sini senang sekali, kita gotong royong urus domba," ujar pria yang mendapat amanah merawat hewan kurban sejak lama itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement