Kamis 29 Jun 2023 11:36 WIB

Masjid Istiqlal akan Sembelih 43 Sapi dan 8 Kambing pada Idul Adha 2023

Idul Adha jadi momentum menguatkan persatuan bangsa.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erdy Nasrul
Masjid Istiqlal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Masjid Istiqlal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal menerima sebanyak 43 ekor sapi dan delapan ekor kambing pada penyelenggaraan Idul Adha 1444 Hijriyah/ 2023 Masehi. Puluhan ekor hewan kurban tersebut berasal dari Presiden RI Joko Widodo hingga sejumlah pengusaha.

"Jumlah sapi yang sudah masuk 43 sapi dan delapan kambing. Yang menyumbangkan mulai dari Pak Presiden, Wapres, Menteri ESDM, Menteri Perhubungan, Menag tentunya, dan Menteri LHK (lingkungan hidup dan kehutanan), diantaranya itu ya," kata Ketua Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Baca Juga

Sapi yang dikurbankan oleh Jokowi diketahui adalah sapi simental dengan bobot 1.200 kilogram (kg) atau 1,2 ton. Sedangkan sapi Wapres Ma\'ruf Amin merupakan limousin dengan berat 1,1 ton.

Beberapa pejabat lainnya yang juga menyumbangkan hewan kurban diantaranya Kapolri dan Densus 88. Untuk perorangannya diantaranya Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Yusuf Hamka, dan Ramli Rasidin.

Pantauan Republika di Masjid Istiqlal, puluhan ekor sapi dan kambing tersebut sudah berada di sisi timur masjid, tepatnya di sekitaran kali. Mereka dikandangkan dan dijaga oleh sejumlah orang penjaga.

Abu memastikan seluruh sapi dan kambing dalam kondisi sehat. Pasalnya, tiap hewan kurban yang diterima harus dilengkapi surat keterangan sehat.

Abu mengatakan, penyembelihan tidak dilakukan pada hari ini. Dia menyebut penyembelihan akan digelar pada lusa, Sabtu (1/7/2023) sebagai waktu yang lebih memungkinkan bagi kesiapan para pengurus Masjid Istiqlal.

"Penyembelihan bukan hari dan bukan besok. Tetapi hari kedua tasyrik (Sabtu, 1 Juli 2023)," ujar Abu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement