Rabu 28 Jun 2023 10:18 WIB

Puluhan Ribu Jamaah Muhammadiyah Padati Lapangan Sempur Bogor untuk Sholat Idul Adha

Lapangan Sempur di Bogor menjadi tempat sholat Idul Adha jamaah Muhammadiyah.

Rep: Shabrina Zakariya/ Red: Muhammad Hafil
Sekitar 20.000 Jamaah Muhammadiyah Kota Bogor menggelar sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Rabu (28/6/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Sekitar 20.000 Jamaah Muhammadiyah Kota Bogor menggelar sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Rabu (28/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR— Jamaah Muhammadiyah Kota Bogor menggelar sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Rabu (28/6/2023). Sekitar 20.000 jamaah memadati Lapangan Sempur sejak pukul 06.00 WIB.

Pantauan Republika di lokasi, sholat Id dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Sebagian besar jamaah memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Sempur, hingga di restoran sekitar lokasi sholat Id. Para jamaah pun berjalan kaki menuju Lapangan Sempur.

Baca Juga

Sekretaris PD Muhammadiyah Kota Bogor, Maulana Abdurrahman Wahid, mengatakan jamaah yang menghadiri sholat Id kali ini datang dari seluruh penjuru Kota Bogor. Diperkirakan ada 20.000 jamaah yang sholat Id tahun ini, lebih banyak dibandingkan saat Idul Adha tahun lalu.

“Kita bisa melihat rumput rumput saking penuhnya nggak keliatan samapi ujung sana, jadi Alhamdulillahh saya mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Bogor yang sudah berpartisipasi melaksankan Sholat Idul Adha tahun ini,” kata Maulana kepada Republika usai sholat Id, Rabu (28/6/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan, sholat Idul Adha 1444 Hijriah ini diimami oleh Maizar Madsuri, yang juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bogor. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan empat keteladanan Nabi dan Rasul, salah satunya pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Di samping itu, sambung Maulana, Muhammadiyah Kota Bogor mengikuti keputusan atau maklumat pimpinan Muhammadiyah Pusat untuk menggelar sholat Idul Adha pada Rabu (28/6/2023). “Kami bukan berbeda, tapi ini sudah putusan pimoinan Muhammadiyah hingga akhirnha kita melaksanakan Idul Adha hari ini,” ujarnya.

Setelah sholat Id, Maulana mengatakan, pihaknya akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Kantor Pimpinan Muhammadiyah Kota Bogor di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Barat. Hewan qurban yang akan disembelih ialah delapan ekor sapi dan tujuh ekor kambing.

Setelah penyembelihan, menurut Maulana akan ada sekitar 1.500 bingkisan daging qurban yang akan didistribusikan ke seluruh Kota Bogor. Melalui masing-masing pimpinan cabang Muhammadiyah.

Tak hanya hari ini, Maulana mengatakan kemungkinan esok hari masih akan ada pemotongan hewan qurban di Kantor Pimpinan Muhammadiyah Kota Bogor. “Mungkin masih ya, karena ada amanah yang dari masyarkat yang ingin disembelih hari Kamis (29/6/2023),” ucapnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement