Rabu 28 Jun 2023 04:15 WIB

Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Beragama yang Mencerahkan

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat baik dalam menjalani hidup keseharian.

Jamaah mendengarkan khutbah usai mengikuti sholat Idul Adha. Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Beragama yang Mencerahkan
Foto:

Dalam keadaan situasi setelah pandemi seperti sekarang ini di mana masih banyak orang yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maka kita harus terpanggil membantu dengan harta kita yang kita cintai sebagian kecil atau sebagian besar untuk dipakai membantu mengurangi kesengsaraan mereka.

“Tidak beriman seseorang jika dirinya kenyang sedangkan tetangganya kelaparan.”

Tetapi kecintaan manusia kepada harta terkadang sangat berlebihan sehingga menjadi cobaan berat bagi dirinya dan menjadi penghalang bagi ketaatan kepada Allah SwT, sehingga Allah menyatakan dalam Al-Qur’an surat At-Taghabun ayat 15.

إِنَّمَآ أَمۡوَٰلُكُمۡ وَأَوۡلَٰدُكُمۡ فِتۡنَةٞۚ وَٱللَّهُ عِندَهُۥٓ أَجۡرٌ عَظِيمٞ

“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu adalah cobaan bagimu, dan di sisi Allah ada pahala yang besar.”

BACA JUGA: Motif Pesugihan di Balik Praktik Inses dan Pembunuhan Tujuh Bayi di Banyumas

Keengganan berinfak dan bershadaqah adalah karakter manusia kikir karena mereka sangat mencintai harta yang dimilikinya.

Walaupun Allah SwT banyak menekankan dalam berbagai ayat dalam Al-Qur’an keutamaan bershadaqah bahkan disamakan dengan memberi pinjaman kepada-Nya yang akan dibayar dengan berlipat ganda di dunia, juga dijanjikan pahala besar di akhirat. Bagi sebagian besar manusia menganggap bahwa harta yang dimilikinya itu akan mengekalkan kehidupan di dunia.

Mereka enggan untuk berinfak padahal harta, menurut pandangan agama hanya perhiasan kehidupan dunia yang sifatnya sementara. Firman Allah:

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ . الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ . يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ

“Celakalah orang yang mengumpat dan mencela, yaitu orang selalu mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, mereka menyangka bahwa hartanya dapat mengekalkannya,” (Al Humazah 1-3).

Dan sabda Rasulullah saw: “Anak Adam mengatakan hartaku, hartaku, Tidaklah kamu mendapatkan dari hartamu itu kecuali apa yang kamu makan sampai kenyang, apa yang kamu pakai sampai usang, atau kamu sedekahkan sehingga pahalanya akan terus mengalir,” (HR Muslim, At-Timidzi dan an Nasa’i).

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/06/27/khutbah-idul-adha-1444-h/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement