Senin 26 Jun 2023 07:39 WIB

Tim Pengabdian Masyarakat UMY Buatkan Website Sahabat Masjid

Mahasiswa UMY harus banyak mengabdi kepada masyarakat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Erdy Nasrul
 Mahasiswa dan civitas UMY ikut meramaikan acara Manajemen Festival di halaman Sportorium UMY.
Foto: Dokumen
Mahasiswa dan civitas UMY ikut meramaikan acara Manajemen Festival di halaman Sportorium UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT UMY) bersama dengan mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membuatkan website untuk salah satu komunitas di Yogyakarta, yakni Sahabat Masjid.

Penyerahan website diserahkan langsung kepada Sahabat Masjid, pada Jumat (23/6/23).

Baca Juga

Ir. Tony K Hariadi, M.T., IPM. selaku ketua tim pengabdian mengatakan, website yang dirancang khusus untuk kebutuhan Sahabat Masjid tersebut untuk memberikan kemudahan kepada Sahabat Masjid dalam memberikan informasi seputar kegiatan kepada donatur, penerima donasi dan warga lainnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa Sahabat Masjid masih mengalami kendala dalam proses pencatatan, verifikasi dan pembuatan laporan keuangan. Sehingga pengurus Sahabat Masjid selama ini mengampanyekan kegiatannya dengan mengunjungi satu persatu warga yang berpotensi untuk menjadi donator. Kemudian memberikan laporan donasinya dengan mengirimkannya melalui pesan singkat.

"Selain itu pencatatan keuangan dilakukan dengan mencatat dalam buku dan aksesibilitasnya masih terbatas. Oleh karena itu diperlukan dukungan teknologi informasi dalam bentuk website,” ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dalam rilis yang diterima Republika, Ahad (25/6/23).

Pengembangan website dilakukan dengan melakukan beberapa tahapan sesuai dengan pengembangan perangkat lunak yaitu analisis kebutuhan, analisis sistem, pembuatan prototype dan finalisasi.

Setelah pengembangan selesai, dilakukan pelatihan kepada pengurus Sahabat Masjid untuk berlatih menggunakan website. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023 di laboratorium prodi Teknik Elektro.

Selain membuatkan website Sahabat Masjid, Tony juga mengatakan pengurus Sahabat Masjid telah mengusulkan proses pembentukan badan hukum dalam bentuk yayasan. Dengan demikian, organisasi ini akan memiliki kekuatan hukum di masyarakat dan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan donasi melalui Sahabat Masjid.

Menurut Tony, Pengabdian masyarakat dengan Sahabat Masjid sebagai mitra, telah terlaksana dengan baik.

“Dapat disimpulkan bahwa pengabdian yang kami lakukan telah berjalan dengan baik, dengan meningkatkan status hukum organisasi dari tidak berbadan hukum menjadi yayasan. Meningkatkan publisitas organisasi dengan membuat website, dan meningkatkan kemampuan pengurus komunitas dengan kemampuan mengelola website,” katanya.

Sementara itu, ketua Sahabat Masjid, Bambang Widayadi mengungkapkan rasa terima kasih atas bimbingan dan bantuan pembuatan dan pengelolaan website.

“Sangat bermanfaat terutama dalam menyampaikan kegiatan-kegiatan kami secara terbuka, mudah dan cepat kepada masyarakat sekitar. Terima kasih sudah sabar membina kami yang mayoritas golongan sepuh yang kurang memahami teknologi,” tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement