Kamis 15 Jun 2023 17:32 WIB

Baznas dan BSI Berikan 200 Kursi Roda untuk Jamaah Haji Indonesia

Kursi roda Baznas dan BSI meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji menggunakan kursi roda.
Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Ilustrasi jamaah haji menggunakan kursi roda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang pelaksanaan puncak haji, bantuan kursi roda untuk jamaah haji Indonesia di Arab Saudi terus mengalir. Tambahan kursi roda ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji, khususnya jamaah lanjut usia (lansia). 

"Alhamdulillah dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jamaah ramah lansia, PPIH dapat bantuan kursi roda dari dua lembaga," ujar Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Jaja Jaelani, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Kamis (15/6/2023). 

Baca Juga

Jaja menjelaskan, bantuan kursi roda tersebut diberikan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), masing-masing sebanyak 100 kursi roda. Bantuan tersebut disebut akan segera didistribusikan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jamaah haji lansia baik di Madinah, Makkah, maupun saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Semoga dengan bantuan ini pelayanan kepada jamaah lansia lansia akan semakin optimal," ucap dia.  

 

Tidak hanya itu, ia juga mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada lembaga-lembaga yang telah menyalurkan bantuan. Semata hal ini dilakukan agar pelayanan terhadap jamaah haji semakin maksimal. 

"Karena memang kebutuhan-kebutuhan dalam peningkatkan pelayanan memang sangat dibutuhkan. Kadang-kadang jamaah sudah bawa sandal tapi masih ada yang hilang dan tertinggal. Dengan bantuan tersebut sangat membantu pelayanan untuk jamaah," lanjut Jaja.

Selanjutnya ia juga mengimbau kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri mengingat cuaca cukup panas. Jangan sampai jamaah mengejar sunnah, tetapi saat pelaksanaan ibadah wajib kondisi tubuh dalam keadaan tidak sehat.

"Saya imbau semua jamaah untuk menahan diri dan melihat kondisi cuaca sebab di Saudi berbeda di Tanah Air. Saya juga memohon doa kepada keluarga jamaah haji di Tanah Air, semoga semua jamaah sehat, dapat beribadah khusyuk, dan memperoleh haji yang mabrur," kata dia. 

Sebelumnya, pengelola Masjid Nabawi menyerahkan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6/2023) kemarin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement