Selasa 13 Jun 2023 13:54 WIB

Mamma Rossy Sajikan Menu Babi, Aisha Maharani Minta Muslim Lebih Hati-Hati

Muslim dewasa harus lebih hati-hati memilih tempat makan atau makanan yang dipesan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Founder Halal Corner, Aisha Maharani saat live di instagram pribadinya membahas restoran Mamma Rossy, Selasa (13/6/2023).
Foto: dok. Republika
Founder Halal Corner, Aisha Maharani saat live di instagram pribadinya membahas restoran Mamma Rossy, Selasa (13/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran Mamma Rossy Jakarta menuai kritik tajam dari wargamet setelah seorang pengunjung Muslim mengeluhkan menyantap menu yang mengandung babi, padahal yang dipesannya adalah sapi. Menanggapi peristiwa ini, Founder Halal Corner Aisha Maharani meminta Muslim lebih berhati-hati.

"Opini teteh untuk kejadian ini, mesti lebih hati-hati," kata Aisha saat live di Instagram pribadinya, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga

Aisha menuturkan seorang Muslim dewasa harus lebih hati-hati dalam memilih tempat makan dan atau makanan yang dipesan. Meski ini sudah terlanjur termakan, kata dia, tetapi perilaku sengaja masuk ke restoran yang sudah tahu menyajikan makanan non-halal adalah salah.

"Iya (kalau) tidak tahu tidak dosa, tapi kalau kita tahu restoran itu menyediakan menu babi dan kita ke situ, itu ya dosa. Kalau tidak tahu ya tidak tahu sama sekali, tapi tetap saja ada dampak haramnya, dampak haramnya tidak hilang," kata Aisha.

Menurut Aisha, jika kita dengan sengaja memasuki restoran yang menyediakan makan non-halal dan kita tahu itu, namun kita tetap masuk dan makan di restoran tersebut, artinya itu menyengaja dan berdosa. Meskipun seandainya restoran mengaku alat masaknya terpisah antara memasak makanan halal dan non halal, Aisha tetap menyarankan menghindari atau mencari restoran lain.

"Kalau mereka klaim, oh alat masaknya terpisah, sudahlah di-skip saja, jangan takut dibilang cupu, lebay, toh nanti kita pulang di kampung akhirat di mana kita akan dipertanggungjawabkan apa-apa yang kita makan," ujarnya.

Menurutnya, Muslim harus lebih dewasa. "Kalau memang sudah jelas tidak ada kejelasan halalnya ya sudah, jangan cari-cari celah, jangan cari gaya, kalau jelas ga halal ya sudah jelas tidak perlu dikonsumsi," ujarnya.

Di zaman yang sudah serba canggih ini, Aisha berpesan agar Muslim juga bisa lebih melek teknologi. Sebelum mendatangi restoran yang dituju agar bisa mencari informasi terlebih dahulu atau bisa menanyakan langsung melalui media sosial restoran tersebut untuk mengetahui apakah sudah bersertifikat halal.

Sebelumnya, manajemen restoran Mamma Rossy Jakarta telah menyampaikan permintaan maafnya atas keluhan pelanggan yang memesan daging sapi, namun tanpa pemberitahuan telah diganti dengan daging babi. Pihak manajemen pun menerbitkan surat peringatan kepada pegawai tersebut dan tidak memecatnya karena permintaan dari pelanggan sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement