Kamis 08 Jun 2023 11:23 WIB

Beri Kemudahan Bagi Masyarakat, Layanan Kurban Berkah Baznas Hadir di Berbagai Kanal

Baznas menggelar Kurban Berkah yang dapat di akses secara online

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan Kurban Berkah Baznas yang dapat diakses secara online melalui berbagai kanal demi memberi kemudahan masyarakat untuk berkurban.
Foto: dok Baznas
Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan Kurban Berkah Baznas yang dapat diakses secara online melalui berbagai kanal demi memberi kemudahan masyarakat untuk berkurban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan "Kurban Berkah Baznas" yang dapat diakses secara online melalui berbagai kanal demi memberi kemudahan masyarakat untuk berkurban. 

Menunaikan ibadah kurban di Baznas dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah. Dengan telepon genggam atau perangkat komputer, masyarakat sudah bisa berkurban dan dapat dilakukan di mana saja, dengan mengakses berbagai layanan kurban online Baznas yaitu melalui baznas.go.id/kurban, layanan perbankan, E-Commerce, serta gerai retail.

"Sesuai dengan tema Kurban Berkah Baznas, berkah di sini adalah siapa pun yang terlibat dalam proses kegiatan ini diharapkan mendapatkan keberkahan yang berlimpah dan bisa tersenyum bahagia, dari mulai teman-teman yang berkurban, panitia, peternak, penerima manfaat, hingga awak media dan masyarakat yang turut serta menyiarkan ibadah kurban ini, ujar Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Baznas TV, Rabu (7/6/2023). 

Mahdum menjelaskan, tahun ini Baznas akan menyinergikan antara Kurban Baznas dengan ekosistem haji. "Jadi Baznas juga akan menerima pembayaran DAM jemaah haji Indonesia sekaligus kurban jamaah haji yang ada di Mekkah akan difasilitasi oleh Baznas, disembelih di sana kemudian dagingnya akan dikirim ke Indonesia."

 

"Semoga adanya layanan Kurban Berkah Baznas tahun ini bisa menjadi keberkahan bagi para Mudhohi, peternak dan para penerima manfaat di seluruh Indonesia dan juga seluruh dunia," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM menyampaikan, Baznas terus berupaya memberikan layanan kemudahan agar mudhohi (orang yang melaksanakan kurban) merasa nyaman bila kurbannya dikelola Baznas. 

Rizaludin menambahkan, adapun target penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2023 oleh BAZNAS RI (pusat) ini yakni 10.000 ekor setara domba/kambing yang akan didistribusikan ke 34 provinsi diseluruh Indonesia dengan target 78.860 orang penerima manfaat.

"Alhamdulilah, kepercayaan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Kami juga mengajak kepada masyarakat Indonesia, seluruh calon mudhohi untuk berkurban di BAZNAS, berkurban yang terbaik sesuai syariah dan sepenuhnya untuk kepentingan para mustahik di Indonesia," tambahnya. 

Rizaludin menyampaikan, Baznas juga menerima pembayaran DAM dan kurban bagi jemaah haji yang sedang berada di Tanah Suci.

Sementara itu, Deputi II Baznas RI Dr. H. M. Imdadun Rahmat M.Si menjelaskan, dari target pengumpulan 10.000 ekor setara domba dan kambing akan salurkan dalam bentuk bermacam-macam, yang pertama berupa daging kambing atau domba itu akan disalurkan di angka 4948 ekor, kemudian berupa daging sapi segar kita salurkan berjumlah 241 ekor, dan daging sapi olahan yang kita kalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch itu 195 ekor yang nanti akan menjadi 78.860 kaleng pouch. 

"Pada kurban tahun ini, kita mengajak sebanyak 97 mitra dalam hal pemotongan hingga penyaluran, jadi 97 mitra ini terdiri dari Baznas provinsi/kota/kabupaten dan juga balai-balai ternak Baznas yang menyediakan sebagian atau sekitar 30 persen domba, kambing atau sapi yang kita butuhkan," tambahnya. 

"Dalam pendistribusian dan penyalurannya, Baznas akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI," pungkasnya.

Melalui Kurban Berkah Baznas 2023 ini, Baznas berupaya mengurangi masalah stunting dengan meningkatkan konsumsi daging bagi para mustahik sehingga dapat membantu pemenuhan gizi, khususnya protein hewani, dalam masa kurban ini.

Pada tahun ini, Baznas menetapkan tiga harga doka dan tiga harga sapi. Berikut harga jual hewan ternak di Kurban Berkah Baznas. 

- Doka Medium (24-26 kg)= Rp 2.600.000

- Doka Premium (27-29 kg)= Rp 2.900.000

- Doka Platinum (27-29 kg)= Rp 3.300.000

- 1/7 Sapi (200-250 kg)= Rp 2.900.000

- 1 Sapi (200-250 kg) = Rp 20.300.000

- 1/7 Sapi Kemasan (200-250 kg)= Rp 3.000.000

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement