Jumat 02 Jun 2023 06:58 WIB

Presiden AS Joe Biden Terjatuh Saat di Atas Panggung

Joe Biden dibantu oleh seorang perwira Angkatan Udara dan 2 orang secret service.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Erdy Nasrul
Presiden AS Joe Biden berjalan di Halaman Selatan Gedung Putih, sebelum keberangkatannya ke Valhalla, New York, di Washington, DC, AS, Rabu (10/5/2023).
Foto: EPA-EFE/YURI GRIPAS
Presiden AS Joe Biden berjalan di Halaman Selatan Gedung Putih, sebelum keberangkatannya ke Valhalla, New York, di Washington, DC, AS, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO SPRINGS -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tersandung ketika berada di atas panggung wisuda Akademi Angkatan Udara AS pada Kamis (1/6/2023). Gedung Putih mengatakan, setelah adegan itu, Biden dalam kondisi baik-baik saja.

"Dia baik-baik saja," cuit direktur komunikasi Gedung Putih Ben LaBolt.

Baca Juga

Biden telah menyapa para lulusan di Colorado Springs, Colorado, dengan memberi hormat dan jabat tangan. Dia kemudian berbalik untuk kembali ke tempat duduknya ketika akhirnya malah terjatuh. Dia dibantu oleh seorang perwira Angkatan Udara serta dua anggota dinas rahasia AS bangkit kembali.

"Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan," ujar LaBolt merujuk kepada keberadaan dua karung pasir hitam kecil berada di atas panggung mendukung teleprompter yang digunakan oleh Biden dan pembicara lainnya.

Penonton, termasuk beberapa anggota delegasi resmi di atas panggung, menyaksikan dengan prihatin kembali ke tempat duduknya untuk melihat akhir upacara. Biden saat ini berusia 80 dan adalah presiden tertua dalam sejarah AS.

Biden telah dirundung pertanyaan tentang usia dan kebugarannya dalam menjalankan aktivitas kepresidenan. Kesalahan langkah Biden telah menjadi umpan bagi lawan politik saat berkampanye untuk masa jabatan kedua pada 2024.

Presiden AS ini pernah tersandung sebelum menaiki tangga dan ke Air Force One. Dia juga pernah terjebak di pedal sepedanya saat berhenti untuk berbicara dengan wartawan di dekat rumahnya di Pantai Rehoboth, Delaware.

Lihat halaman berikutnya >>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement