Kamis 25 May 2023 22:32 WIB

DQ Maksimalkan Potensi Kebermanfaatan Qurban

DQ akan membagikan daging Qurban sampai ke daerah pelosok dan wilayah terpencil.

Kemasan Kaleng Daging Qurban, LAZ Dompet Quran.
Foto: istimewa
Kemasan Kaleng Daging Qurban, LAZ Dompet Quran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu syiar utama dalam perayaan Hari Raya Idul Adha adalah udhiyah, yaitu menyembelih hewan ternak yang dikorbankan hanya untuk Allah SWT atau yang biasa disebut dengan Qurban. Banyak sekali keutamaan dan manfaat dari syiar Qurban ini. Qurban is Amazing.

Qurban yang dilakukan seseorang adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga pada sesama. Qurban menjadi sarana hablun minallah wa hablun minannaas. Qurban akan makin menguatkan hubungan kita dengan Allah SWT karena Qurban akan meningkatkan ketakwaan pelakunya. Sesungguhnya darah dan daging Qurban itu tidak akan sampai kepada Allah, tapi yang sampai pada-Nya adalah ketakwaan orang-orang yang berqurban. Itulah hablun minallah.

Baca Juga

Daging Qurban yang disembelih bisa digunakan untuk mendekatkan pada sesama dengan berbagi daging Qurban. Semakin banyak yang merasakan dan mendapat manfaat dari Qurban kita insya Allah akan semakin besar pahala kita. Itulah Qurban sebagai hablun minannaas.

Dompet Al-Qur’an Indonesia akan memaksimalkan potensi kemanfaatan Qurban untuk syiar dakwah dan ukhuwah. DQ akan membagikan daging Qurban sampai ke daerah pelosok dan wilayah terpencil. Selain di daerah-daerah pelosok dan terpencil dalam negeri, DQ juga akan melaksanakan Qurban di Palestina dan Somalia. 

Dipilihnya Palestina ini karena merupakan kiblat pertama umat Islam yang sampai saat ini berada di kawasan konflik sehingga Qurban ini akan sangat bermanfaat bagi mereka. Sedangkan, Somalia dipilih karena merupakan negara yang sangat miskin, tapi mereka memiliki keistimewaan sebagai negeri yang menghasilkan banyak hafidz Al-Qur’an.

Selain program membagikan daging Qurban secara langsung, DQ juga melakukan inovasi untuk ketahanan pangan dengan melakukan pengemasan daging Qurban dalam kaleng. Untuk tahun ini, ada dua produk daqing Qurban dalam kemasan kaleng, yaitu kornet dan rendang. Dengan diolah menjadi kornet atau rendang manfaat daging Qurban lebih optimal serta dapat mencapai masyarakat dan tempat yang lebih luas lagi, bahkan sampai daerah-daerah pelosok yang sulit dijangkau atau daerah-daerah bencana karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

"Semua ini dilakukan sebagai upaya membantu para mudhohi agar bisa berqurban di tempat istimewa dan juga agar Qurban yang dilakukannya bermanfaat lebih luas dan menjangkau masyarakat yang lebih banyak. Semoga Allah memudahkan kita semua untuk bisa berqurban. Kami keluarga besar Dompet Al-Qur’an Indonesia mengucapkan. Selamat Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, " Ujar Agung Fitriyanto, manajer program Dompet Al-Qur'an Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement