Kamis 25 May 2023 20:08 WIB

PP PERSIS: Menegakan Syariat Islam dalam Bernegara Harus Konstitusional

Pelaksanaan syariat Islam harus mengikuti sistem konstitusi yang ada.

Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin berbicara tentang penegakkan syariat Islam.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin berbicara tentang penegakkan syariat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam meyakini bahwa ajaran Islam bukan hanya aspek akidah, ibadah, dan hukum yang bersifat individu. Melainkan ada pula aspek sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan melalui penyelenggara negara. Ketua Umum PERSIS, Dr. Jeje Zaenudin, M.Ag. menjelaskan bahwa penegakan syariat islam dalam bernegara harus melalui konstitusi.

“Kaum muslimin di Indonesia berbeda-beda dalam memahami pelaksanaan dan penegakan syariat dalam bernegara, maka PERSIS secara resmi dan sepakat bahwa melaksanakan dan menegakan syariat Islam dalam bernegara harus mengikuti mekanisme dan sistem yang ada, harus konstitusional,” paparnya, Rabu (24/5/2023) di Pesantren PERSIS 50 Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga

Beliau menjelaskan bahwa konstitusi yang berlaku di Indonesia memberikan hak penuh bagi pemeluk agama untuk meyakini dan menjalankan ibadahnya. 

“Tidak sedikit pun hak dalam beragama, dalam beribadah yang dihalang-halangi, semuanya dipersilakan,” katanya.

Ustaz Jeje menambahkan bahwa syariat Islam itu ada yang terkait dengan hak-hak individu, ada pula yang terkait kewenangan negara yang berlaku untuk seluruh masyarakat. Penegakan syariat Islam dalam arti normatif (living law) yang menjadi ranah individu dalam menjalankan syariat secara kaffah (menyeluruh). Dan penerapan syariat Islam dalam hukum positif yang menjadi ranah negara.

“Maka ketika menyangkut keinginan berhukum dalam aspek hukum jinayat umpamanya, tidak bisa kita menegakan sendiri, karena itu bukan kewenangan individu, ormas, lembaga masyarakat, tapi kewenangan negara. Kalau bicara negara, berarti bicara sistemnya, dan sistem negara kita republik, dikembalikan ke rakyat,” lanjutnya.

Artinya...

Lihat halaman selanjutnya >>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement