Rabu 24 May 2023 00:12 WIB

LGBT Kodrat Tuhan Versi Mahfud MD, Ini Kata Persis, Al Washliyah, PBNU Hingga Profesor

Mahfud MD sebut LGBT merupakan kodrat tuhan membuat banyak pihak berkomentar.

Rep: Muhyiddin/Mabruroh/Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Komunitas LGBT. Mahfud MD sebut LGBT merupakan kodrat tuhan membuat banyak pihak berkomentar.
Foto:

Sedangkan, Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH Abdullah Syamsul Arifin meluruskan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut LGBT sebagai kodrat Tuhan. Kiai yang akrab disapa Gus Aab ini mengatakan, kurang tepat jika LGBT disebut sebagai kodrat Tuhan.

Untuk menjawab pertanyaan itu, menurut Gus Aab, maka harus dibedah dulu satu per satu tentang Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer, Intersex, and Asexual (LGBTQIA). Jika tujuh hal itu ada yang dari bawaan dari lahir, maka baru bisa disebut sebagai kodrat Tuhan. 

"Berbicara LGBT, apakah LGBT itu kodrat? Sekarang harus dibedah dulu LGBT itu. Di situ, hanya intersex yang masuk kodrat. Karena itu adalah bawaan dari lahir. Sama dengan orang lahir laki-laki atau perempuan. Jadi lahir dengan memiliki dua alat kelamin itu kodrat," jelas Gus Aab.

"Tetapi kalau transgender itu bukan (bukan kodrat). Transgender itu orang yang mengubah kelaminnya dengan melakukan operasi. Jadi jika dikatakan LGBT itu kodrat, itu tidak pas," imbuhnya. 

Menurut dia, yang benar-benar merupakan kodrat Tuhan itu hanya intersex saja, yaitu orang yang sejak lahir memiliki dua alat kelamin. Karena, dia tidak punya pilihan. "Sedangkan lesbian itu bukan kodrat, karena ada penyalahan terhadap fitrah, itu ada kecondongan-kecondongan yang salah," ucap Gus Aab. 

Dia mengatakan, faktor orang menyebabkan orang menjadi LGBT itu sendiri banyak. Misalnya, karena faktor pengalaman traumatis dan faktor lingkungan.

"Jadi itu bukan kemudian kodrat yang harus diterima, dan itu bisa disembuhkan. Makanya, kalau tadi ditanyakan, apakah LGBT itu kodrat? LGBT yang mana dulu? Kan dalam LGBT itu ada banyak macamnya," kata Gus Aab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement