Rabu 17 May 2023 19:05 WIB

Doa Saat Sedih dan Gelisah yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Islam memberikan solusi ketika dilanda sedih dan gelisah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Islam memberikan solusi ketika dilanda sedih dan gelisah
Foto:

Latin:

Allahumma inni 'abduka wabnu 'abdika, wabnu amatika, naasiyatii biyadika, maadhin fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qodhoo uka, as aluka bikullis min huwa laka sammayta bihi nafsaka, aw 'allamtahu ahadan min kholqika, aw an zaltahu fii kitaabika, aw ista' tsarta bihi fii 'ilmil ghoybi 'indaka, an taj'alal qur aana robii a qolbi, wa nuuro shodrii, wa jilaa a huznii wa zahaaba hammi, illa azhaballoh hammahu wa huznahu wa abdalahu makaanahu farojan.

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Artinya:

'Ya Allah, sesungguhnya aku ini hamba-Mu, anak hamba-Mu dan anak umat-Mu. Ubun-ubunku di tangan-Mu, berlalu dalam keputusan-Mu, yang adil dalam ketentuan-Mu. Aku mohon kepadamu dengan tiap-tiap nama yang menjadi milik-Mu dimana Engkau menyebut diri-Mu dengannya, atau Engkau menurunkannya dalam kitab-Mu atau Engkau menentukannya dalam ilmu ghaib di sisi-Mu, agar Engkau menjadikan Alquran penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penyibak kedukaannku dan penghapus kesusahanku.'

Kecuali Allah akan menghilangkan kesusahan dan kesedihannya, dan Allah akan menggantikan pada tempatnya jalan keluar. Kemudian perawi menyampaikan bahwa dikatakan, "Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?" Rasulullah SAW bersabda, "Ya. Orang yang telah mendengar ini harus mempelajarinya." (HR Ahmad)

Doa Saat Gelisah 

Dalam hadits yang dikeluarkan oleh Abu Dawud dan Ahmad, juga disebutkan tentang doa saat sedih. Doa perlu diucapkan saat seorang Muslim tengah merasakan kesedihan yang dalam. Adapun doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ  عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin:

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta." 

Artinya:

"Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, janganlah Engkau serahkan (segala urusanku) kepada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."

Sumber: islamonline

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement