Ahad 14 May 2023 03:58 WIB

Perkuat Cinta Tanah Air, Pemkot Jayapura Gelar STQ

STQ tingkatkan pemahaman umat terhadap Alquran

Ilustrasi kegiatan STQ.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi kegiatan STQ.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua berharap, perlombaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ)XXVII tingkat Kota Jayapura pada 2023 dapat meningkatkan pemahaman dan pendalaman umat terhadap isi Alquran bagi kepentingan kehidupan di dunia dan akhirat.

"Dan juga melalui STQ dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memperkuat toleransi umat beragama di Kota Jayapura," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di sela pembukaan STQXXVII tingkat Kota Jayapura di Jayapura, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga

Seleksi Tilawatil Quran (STQ)XXVII tingkat Kota Jayapura digelar oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) selama 13-14 Mei 2023.

Ia mengapresiasi LPTQ yang konsisten melaksanakan lomba STQ untuk mempersiapkan qari dan qariah serta hafiz dan hafizah pada ajang STQ tingkat provinsi.

 

"Kami juga minta kepada semua peserta dan pengurus lomba ini agar dapat mempererat kerukunan umat di Kota Jayapura," ujar dia.

Kepala Kantor Kemenag Kota Jayapura Abdul Jusuf mengatakan pihaknya terus berupaya untuk mendorong pembinaan mental spiritual guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

"Dan mewujudkan Kota Jayapura yang maju, toleran, religius, dan berakhlak terpuji," katanya.

Dia mengharapkan STQ yang diikuti kafilah berasal dari lima distrik di Kota Jayapura memberikan nilai tambah terhadap pembangunan mental dan spiritual warga di daerah itu.

"Supaya kami senantiasa menjaga agar Kota Jayapura tetap kondusif dan diharapkan juga lewat STQ peserta terbaik nantinya yang bisa unggul di tingkat provinsi maupun tingkat nasional," ujarnya.

Ajang itu melombakan dua cabang, yakni tilawah dan hifzil, di mana untuk tilawah terdiri atas dua golongan yakni anak-anak putra dan putri, sedangkanhifzil mulai dari golongan satujuz, lima juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.Total jumlah peserta 70 orang berasal dari lima distrik di Kota Jayapura.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement