Jumat 12 May 2023 14:37 WIB

Istri Hanan Attaki Unggah Foto Kakeknya, Pendiri NU Tuban

Ia adalah seorang Ahlul Alquran yang begitu alim khususnya dalam bidang ilmu qiraat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Istri Ustadz Hanan Attaki, Haneen Akira. Istri Hanan Attaki Unggah Foto Kakeknya, Pendiri NU Tuban
Foto:

Dia mengatakan, kakeknya tersebut menjadi pengurus NU di periode awal. Kiai Chusen menjabat sebagai Rais Syuriah, dengan Rais Tanfidziyah-nya adalah Kiai Umar Faruq.

“Ada kisah menarik saat beliau menjadi pengurus NU. Ia hampir tidak pernah absen untuk hadir dalam perhelatan Muktamar NU. Ia bersama Kiai Dimyati, Kaliuntu, sampai rela berboncengan dengan sepeda kayuh ke arena Muktamar,” kata Haneen.

Kisah kealiman Kiai Chusen sendiri juga diakui ulama Ahli Alquran lain, KH Arwani Amin asal Kudus. Dikutip dari buku “Terompah Kyai, Kisah Hikmah dan Inspirasi dari Pojok Pesantren”, suatu ketika ada salah satu santrinya berniat ‘tabarukan’ kepada Kiai Arwani.

Sesampainya di Kudus, santri tersebut diberitahu, “Sampeyan (Anda) dari Jenu kok menghafal Alquran di sini, di Jenu kan ada Kiai Chusen?” Meski begitu, santri tersebut tetap diterima. Kiai Arwani juga tercatat pernah tabarrukan ke Kiai Chusen, walaupun hanya sebentar.

Tercatat juga bahwa Yusuf Masyhar, santri Kiai Chusen yang cemerlang dijodohkan dengan Nyai Ruqayyah, cucu Kiai Hasyim Asy’ari. Sedangkan Nyai Ruqayyah adalah putri dari KH Ahmad Baidhowi Asro dan Nyai Hj  Aisyah.

“Melacak jalur dan lajur dakwah Islam nusantara sangat bermanfaat untuk lebih menghargai perjuangan pendahulu kita, kembali pada kemurnian perjuangan bangsa, mempererat ukhuwah islamiyah dalam kesatuan indonesia,” Kata Haneen Akira.

“Stop adu domba bangsa!,” tegas Haneen mengakhiri tulisannya di kolom komentar unggahan foto kakek dan neneknya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement