Senin 08 May 2023 14:01 WIB

Alquran Islamic Art Festival Menginspirasi Kesenian Islam

Hasil lomba tulis Alquran Islamic Art Festival bakal dibukukan.

Ilustrasi Alquran.
Foto: Hsu Mei-wen
Ilustrasi Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Hasil lomba tulisan tangan Alquran yang diikuti 302 pelajar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), pada acara Islamic Art Festival 5-7 Mei 2023 akan dikumpulkan hingga menjadi satu Alquran.

"Satu orang anak menulis satu lembar Alquran, maka hasilnya nanti dikumpulkan dan akan tercipta Alquran 30 juz," kata Ketua Komisioner Alquran Tulisan Tangan Tanah Datar Elvi Zendri di Batusangkar, Sabtu (8/5/2023).

Baca Juga

:omba menulis Alquran diikuti pelajar dari berbagi tingkatan di Kabupaten Tanah Datar, terdiri dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Rumah Tahfiz, hingga Lembaga Pendidikan Al Qur'an (LPS), dan lainnya.

Salah satu tujuan lomba menulis Alquran tersebut adalah untuk membangun semangat literasi bagi anak.

 

Dia menargetkan kedepannya pada rumah-rumah tahfiz yang ada di Kabupaten Tanah Datar setiap anak bisa menulis Alquran sampai 30 juz.

"Selain itu bagi anak dalam menulis ayat Alquran juga mengunci atau menguatkan hafalan mereka dan juga memudahkan menghafal ayat-ayat yang belum dia hafal," jelas dia.

Dia mengatakan kedepannya Alquran yang ditulis tangan tersebut akan diperuntukkan untuk museum Alquran Tanah Datar, sekaligus mencoba membantu Pemkab Tanah Datar membuka destinasi wisata religi dan edukasi.

"Kedepannya acara ini akan kita laksanakan setiap tahunnya. Tentunya juga membantu dan mendukung destinasi wisata religi dan edukasi di Tanah Datar," kata dia.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan pelaksanaan Islamic Art Festival merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan potensi daerah agar tidak hanya dikenal dengan destinasi budaya tetapi juga religi.

Apalagi festival itu bukan saja melibatkan pemerintah daerah tetapi juga digerakkan oleh alim ulama dan tokoh adat setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement