Jumat 05 May 2023 20:05 WIB

Perti Suarakan Gelar Pahlawan Nasional untuk Syekh Sulaiman Ar Rasuli

Syekh Sulaiman Ar Rasuli diajukan sebagai pahlawan nasional.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Perti Suarakan Gelar Pahlawan Nasional untuk Syekh Sulaiman Ar Rasuli. Foto: Syekh Sulaiman ar-Rasuli
Foto: DPD Perti Sumbar
Perti Suarakan Gelar Pahlawan Nasional untuk Syekh Sulaiman Ar Rasuli. Foto: Syekh Sulaiman ar-Rasuli

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Ketua Umum Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Syarfi Hutauruk meminta pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional kepada Syekh Sulaiman ar-Rasuli atau Inyiak Canduang. Menurut Syarfi, Inyiak Canduang pantas menyandang gelar Pahlawan Nasional karena berkontribusi besar dalam pengembangan pendidikan bangsa.

"Perti meminta negara hadir memberikan pengakuan terhadap tokoh pendiri Perti, Syekh Sulaiman ar-Rasuli atau Inyiak Canduang sebagai Pahlawan Nasional," kata Syarfi, di hadapan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat Milad ke 95 Perti di Universitas Negeri Padang, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga

Syarfi menyebut Perti sama halnya dengan Nahdlatul Ulama (NU) yang digagas KH Hasyim Asy'ari dan Muhammadiyah yang didirikan KH Ahmad Dahlan. Untuk itu tidak ada salahnya menurut Syarfi bila Inyiak Canduang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional seperti KH Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan.

"Ketiganya adalah ulama besar satu generasi yang sama-sama belajar dari ulama yang sama yakni Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Wapres Ma'ruf Amin pada kesempatan yang sama berharap pemerintah pusat dapat segera menetapkan Inyiak Canduang sebagai Pahlawan Nasional.

"Saya mendukung usulan agar Syekh Sulaiman Arrasuli ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Dan Jangan lupa Perti terus melanjutkan perjuangannya dalam membangun kemajuan Indonesia," ujar Ma'ruf Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement