Sabtu 22 Apr 2023 22:48 WIB

Maknai Idul Fitri dengan Menghilangkan Iri dan Dengki

Idul fitri harus disambut dengan perbaikan kualitas ibadah.

Ilustrasi merayakan idul fitri.
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi merayakan idul fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maulan Aklil mengajak masyarakat memaknai Idul Fitri 1444 Hijriah dengan menghilangkan perasaan iri dan dengki.

"Setelah kita melewati satu bulan puasa Ramadhan, saya pribadi ini merupakan kesempatan untuk melakukan introspeksi diri, evaluasi diri, memperbaiki dan menguatkan hati agar ke depan menjadi lebih baik lagi," kata Wali Kota Maulan Aklil di Pangkalpinang, Sabtu.

Baca Juga

Dia meyakini setelah menjalani puasa Ramadan, masing-masing pribadi kembali ke fitri atau suci dan dengan berdoa maka dikabulkan Allah hati yang bersih serta suci.

Ia berpesan agar masyarakat tetap menjaga hati, menghilangkan iri dengki dan pikiran negatif agar bisa bersama-sama mewujudkan Kota Pangkalpinang semakin sejahtera, nyaman, unggul, dan makmur, serta di Bangka Belitung juga sejahtera dan terhindar dari konflik suku, agama, ras, dan antargolongan.

 

"Mumpung hari ini hati kita suci dan bersih, mohon doa dan dukungan untuk berdirinya sebuah Masjid Agung Kubah Timah yang merupakan cita-cita dan harapan di Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang," katanya.

Ia menjelaskan Pangkalpinang ingin mempunyai masjid agung yang berada di tengah kota dengan masjid dilapisi dan ornamen timah yang satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia.

"Kami mohon doa seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang, insya Allah Masjid ini bisa diselesaikan September 2023. Kehadiran Masjid Agung Kubah Timah ini bukanlah untuk menjadi tandingan atau pembanding dengan masjid-masjid yang telah ada di Kota Pangkalpinang, namun justru menjadi pelengkap dan pendukung bagi kita umat Muslim yang selama ini sudah sangat terjaga dengan baik," katanya.

Selain itu, kehadiran Masjid Agung Kubah Timah akan menjadi pelengkap jalinan toleransi yang telah terbina selama ini.

"Kami berharap keberadaan Masjid Agung Kubah Timah juga akan menjadi ikon kota beribu senyuman. Saya bersama keluarga dan mewakili Pemerintah Kota Pangkalpinang banyak kesalahan mohon dimaafkan. Selamat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang digelar di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang dihadiri ribuan warga setempat, bertindak sebagai khatib yakni Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Firmantasi, sedangkan Imam Ketua MUI Kota Pangkalpinang Ansori.

Maulan Aklil mengikuti Shalat Idul Fitri di lokasi tersebut bersama sejumlah pejabat lainnya, antara lain Sekretaris Daerah Mie Go dan Ketua BMKT Kota Pangkalpinang Monica Haprinda, Kepala Kemenag dan Forkopimda Kota Pangkalpinang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement