Senin 17 Apr 2023 14:40 WIB

Baznas Dirikan Pos Siaga Mudik Tersebar di 17 Lokasi

Baznas berikan sejumlah fasilitas gratis bagi pemudik di Pos Siaga Mudik.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan pelayanan kepada para pemudik yang sedang melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mendirikan sejumlah Pos Siaga Mudik yang tersebar di 17 titik lokasi.
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan pelayanan kepada para pemudik yang sedang melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mendirikan sejumlah Pos Siaga Mudik yang tersebar di 17 titik lokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan pelayanan kepada para pemudik yang sedang melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mendirikan sejumlah Pos Siaga Mudik yang tersebar di 17 titik lokasi. Sejumlah titik yang disiagakan BAZNAS di antaranya di rest area tol 207A Palikanci, 379A Batang, dan 389B Kendal. 

Sementara di jalur arteri, BAZNAS RI bersama BAZNAS kab/kota menyiagakan tim di Alun-alun Kramatwatu, Kabupaten Serang  Masjid Bani Ma'mun, Kabupaten Cirebon Masjid Besar Limbangan, Kabupaten Garut Kantor BAZNAS Kabupaten Brebes dan Masjid Besar Al Istiqomah Wanareja Kabupaten Cilacap. 

Baca Juga

Di jalur non-tol, BAZNAS bekerja sama dengan Bank Aladin Syariah dan PT Jalin Pembayaran Nusantara untuk memaksimalkan pelayanan. Berbagai fasilitas dapat dinikmati di Pos Siaga Mudik BAZNAS, di antaranya dapur air, takjil gratis, layanan tempat istirahat, charger ponsel, dan layanan kesehatan. BAZNAS juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya di pos siaga yang terletak di rest area. 

"BAZNAS terus berupaya hadir di tengah masyarakat, salah satunya dengan cara membantu mereka yang sedang dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Seperti yang kami lakukan di tahun sebelumnya, Pos Siaga Mudik BAZNAS adalah salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar bisa selamat sampai di kampung halaman dan bisa berlebaran dengan keluarga tercinta," kata Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad, Saat pelepasan Tim Pos Mudik BAZNAS 2023 dilakukan di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Noor melanjutkan, Pos Siaga Mudik BAZNAS akan terus disiagakan hingga arus balik mendatang, dengan lokasi yang berbeda dari sebelumnya. Pada arus balik, Pos Siaga Mudik BAZNAS terletak di Masjid Baitul Muslimin, Kabupaten Serang Masjid Al Jabbar, Plumbon, Kabupaten Cirebon Masjid Besar Limbangan, Kabupaten Garut Seberang Polres Brebes, dan Masjid Baituzzuh di Kabupaten Cilacap.

"Pos siaga mudik dapat menjadi tempat istirahat bagi para pemudik yang lelah dan membutuhkan tempat untuk istirahat sejenak. Dengan adanya pos siaga mudik, para pemudik dapat beristirahat sejenak sehingga dapat mengurangi risiko kelelahan dan kecelakaan. Pada intinya kami ingin para pemudik merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan mereka," kata Noor. 

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum menyebutkan dalam Pos Siaga Mudik ini BAZNAS menerjunkan personel yang turun langsung untuk melayani pemudik, di antaranya Tim Divisi Kebencanaan, Tim Divisi Kesehatan (Rumah Sehat BAZNAS), dan para relawan pramuka. 

"Insya Allah kami siap siaga menjaga keamanan para pemudik, agar senantiasa terjaga kesehatannya dan dapat berlebaran di kampung halaman dengan tenang dan nyaman," ujarnya.

Mahdum juga turut mengucapkan terima kasihnya atas pihak-pihak yang telah membantu kelancaran Pos Siaga Mudik ini. 

"Tentu dalam mendukung kelancaran program ini BAZNAS bersinergi dengan beberapa pihak terkait. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat, ini merupakan bentuk kepedulian tolong menolong di tengah masyarakat yang patut terus dijaga karena sangat memberikan manfaat," kata Mahdum.

Sejumlah titik Pos Siaga Mudik juga digelar BAZNAS Bazis DKI di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Kalideres. Sementara itu, BAZNAS Jawa Barat mendirikan Pos Siaga Mudik di Tajur Bogor, Rawabango Cianjur, Krapyak Sumedang, Gentong Tasikmalaya, dan Jomin Karawang.

Sedangkan BAZNAS DIY membuka Pos Siaga Mudik di Pos Polisi Palem Gurih, Kabupaten Bantul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement