Kamis 13 Apr 2023 04:01 WIB

Islam Itu Mengasihi Anak Yatim

Anak yatim dikasihi Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Islam Itu Mengasihi Anak Yatim. Foto:   Prof Nizar
Foto: istimewa
Islam Itu Mengasihi Anak Yatim. Foto: Prof Nizar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof Nizar Ali mengatakan, Islam menyayangi dan mengasihi anak yatim. Maka pada kesempatan dibulan yang penuh berkah ini, Kementerian Agama membagikan kebahagiaan dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim.

“Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewah bagi umat Islam di seluruh dunia, tidak terkecuali bangsa Indonesia. Ramadhan adalah bulan kesucian dan kemurahan hati, dibulan ini kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah termasuk bersodaqoh,” kata Nizar dalam sambutannya di Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023). 

Baca Juga

“Dalam kesempatan ini saya menekankan pentingnya membantu sesama, terutama kepada anak yatim. Anak yatim memiliki kedudukan istimewah dalam Islam. Anak yatim adalah bagian dari kita, kita wajib memberikan kasih sayang kepadanya, dalam Islam sekali lagi mengasihi dan membantu anak yatim sangat dianjurkan,” ujar Nizar.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Aku dan orang yang mengasuh anak yatim kelak disurga seperti dua jari,”

Rasulullah mengisyaratkan dengan kedua jarinya, jari telunjuk dan jari tengah yang berdekatan.

Dalam hadits lain Rasulullah juga mengatakan, “Orang yang membantu anak yatim dan janda seperti orang yang berperang di jalan Allah atau orang yang selalu beribadah malam dan berpuasa siang,”

“Jadi mengasihi anak yatim juga tindakan sosial yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Anak yatim membutuhkan dukungan dan perhatian dari masyarakat untuk bisa tumbuh dengan baik , dukungan dari masyarakat dapat membantu mereka merasa dicintai dan dihargai. Sehingga memotivasi mereka untuk meraih cita-cita dan berprestasi dalam kehidupan,” ungkap Nizar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement