Sabtu 08 Apr 2023 12:20 WIB

Masjid Sultan Ahmed Istanbul Siap Dibuka Kembali Setelah Enam Tahun Restorasi

Masjid Sultan Ahmed Istanbul akan dibuka kembali pada 21 April mendatang.

Rep: Mabruroh/ Red: Nora Azizah
Orang-orang berjalan di dekat masjid Sultan Ahmed, yang lebih dikenal dengan Masjid Biru.
Foto: AP Photo/Emrah Gurel
Orang-orang berjalan di dekat masjid Sultan Ahmed, yang lebih dikenal dengan Masjid Biru.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, yang dikenal sebagai Masjid Biru karena ribuan ubin Iznik biru dan putih dan jendela kaca patri biru, siap dibuka kembali pada 21 April untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Masjid siap untuk menampung jamaah dan membiarkan mereka beribadah setelah enam tahun restorasi.

Dilansir dari Daily Sabah, Sabtu (8/4/2023), Persiapan masjid, yang akan dibuka kembali pada 21 April untuk sholat Ied telah dipercepat. Baru-baru ini, masjid, yang merupakan masjid pertama dan satu-satunya enam-minaret dari arsitektur Ottoman, difoto oleh drone, mengungkap keadaan bangunan saat ini sebelum pembukaan kembali yang megah.

Baca Juga

Masjid, yang berkontribusi pada siluet Istanbul, dibangun oleh arsitek Sedefkar Mehmet Agha atas perintah Sultan Ottoman Ahmed pada abad ke-17 dan dibuka untuk beribadah pada tahun 1617. Masjid dibangun di seberang Hagia Sophia, yang berfungsi sebagai gereja pada waktu itu.

Sebagai salah satu masjid paling terkenal di dunia, pembukaan kembali cukup penting bagi umat Muslim, terutama untuk sholat Ied. Di sisi lain, tanggal pembukaan kembali diumumkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy di akun media sosialnya. 

Ini adalah salah satu masjid paling signifikan di dunia Muslim dan merupakan tempat ibadah yang aktif. Itu dibangun pada saat Kekaisaran Ottoman berada di puncaknya, dan masjid itu berfungsi sebagai simbol kekuatan dan pengaruh Kekaisaran Ottoman.

Saat pembukaan kembali mendekat, perancah di menara masjid telah sepenuhnya dihapus. Sementara restorasi berlanjut di halaman dalam dan luar masjid, perancah dan terpal masih terlihat di fasad selatan. 

Finial raksasa, objek logam berornamen di kubah utama, yang tingginya 43 meter (141 kaki), memukau pengunjung, dengan warna emasnya.

 

Dikenal sebagai Masjid Biru

Interior masjid dihiasi dengan ribuan ubin Iznik biru dan putih, yang dibuat di kota Iznik di dekatnya. Ubin biru disusun dalam pola dan desain yang rumit, memberikan interior masjid warna biru yang mencolok. Masjid ini juga memiliki jendela kaca patri biru, yang berkontribusi pada penampilan birunya. 

Ubin dan jendela biru dipilih tidak hanya karena keindahannya tetapi juga karena signifikansi spiritualnya. Biru dianggap sebagai warna suci dalam budaya Islam, melambangkan langit dan surga, dan diyakini bahwa penggunaan biru dalam desain masjid akan membantu menciptakan suasana spiritual dan tenteram bagi para penyembah.

Karena penggunaan warna biru yang hampir menyeluruh, masjid ini juga dikenal sebagai "Masjid Biru" di seluruh dunia. Dekorasi pada kubah di dalam masjid terus menjadi contoh terbaik budaya Ottoman hingga hari ini.

Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah mahakarya yang dibangun dalam lingkup pedoman arsitektur arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan. Sebelum Mimar Sinan meninggal pada tahun 1588, ia telah menyumbangkan semua risalah arsitektur Ottoman klasik dan melatih arsitek yang akan melanjutkan warisan arsitekturnya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement