Rabu 05 Apr 2023 08:36 WIB

Sulsel Canangkan Zona Kuliner KHAS

Zona KHAS akan menjadi daya tarik dan destinasi pariwisata di sulsel.

Ilustrasi kawasan kuliner.
Foto: ANTARA/Suwandy
Ilustrasi kawasan kuliner.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mencatat bahwa Provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah yang pertama kali mencanangkan zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) di Indonesia.

KNEKS menyampaikan bahwa zona KHAS Lego-Lego ini, selain zona KHAS pertama di Sulsel, juga merupakan zona KHAS pertama di Indonesia yang berada di lokasi pariwisata.

Baca Juga

"Selamat kepada Sulsel, hal ini patut kita syukuri," ungkap Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS Putu Rahwidhiyasa pada Pekan Ekonomi Syariah 2023 Road To Fesyar KTI 2023 di Kawasan CPI Makassar, Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, dengan pencanangan zona KHAS ini, merupakan hal yang baru bagi perkembangan industri halal di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada bapak Gubernur beserta jajaran perangkat daerah dari dinas-dinas terkait, yang telah menginisiasi sejak awal hingga kawasan zona KHAS terbentuk," jelasnya.

Di samping itu, terwujudnya zona KHAS ini tidak lepas dari dukungan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulsel

"Tentu saja kami ucapkan terima kasih kepada pengelola dan pelaku usaha kawasan Lego-lego dan kami berharap para pelaku usaha dapat terus berkembang, menjadi UMKM yang handal dan kompeten di sektor makanan halal," ujarnya.

Dirinya pun berharap melalui zona KHAS ini dapat menjadi penyemangat, untuk terus bersinergi, bahu membahu, mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal terkemuka di dunia.

"Zona KHAS ini adalah bukti bila kita semua bersinergi maka hal-hal konkret bermanfaat bagi masyarakat bisa kita capai bersama," kata dia.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel, dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulsel.

Kick Off Zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, dan Sehat) Lego-Lego menjadi rangkaian dari Pekan Ekonomi Syariah 2023 Road To Fesyar KTI 2023.

Selain itu dilakukan pelepasan ekspor produk halal, dan Penyerahan Sertifikat Halal kepada 36 gerai di Lego-lego. Serta penyerahan Sertifikat Karantina Ekspor ke Perwakilan Eksportir.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement