Selasa 04 Apr 2023 12:47 WIB

Baznas Mulai Distribusikan 10.935 Paket Beras Zakat Fitrah di Papua

Baznas menggandeng perwakilan provinsi agar zakat fitrah sampai ke pulau-pulau kecil

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai mendistribusikan beras Zakat Fitrah sebanyak 10.935 paket beras premium ukuran 5 kg untuk para penerima manfaat (mustahik) di wilayah Papua.
Foto: dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai mendistribusikan beras Zakat Fitrah sebanyak 10.935 paket beras premium ukuran 5 kg untuk para penerima manfaat (mustahik) di wilayah Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai mendistribusikan beras Zakat Fitrah sebanyak 10.935 paket beras premium ukuran 5 kg untuk para penerima manfaat (mustahik) di wilayah Papua.

Dalam pendistribusian beras Zakat Fitrah, Baznas RI bekerja sama dengan Baznas Provinsi/Kota/Kabupaten Papua sehingga beras zakat fitrah ini dapat disalurkan hingga pelosok.

"Baznas terus berupaya menyalurkan beras zakat fitrah kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Untuk di Papua ini cukup banyak kendala yang harus dihadapi karena pendistribusian ke beberapa wilayah yang berada di pulau-pulau kecil seperti di Kabupaten Raja Ampat, sehingga tim kami harus mendistribusikan menggunakan kapal kecil. Alhamdulillah tim dapat melalui itu semua sehingga beras zakat fitrah dapat diterima para penerima manfaat hingga pelosok Papua," ujar Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan MA di Jakarta, Senin (3/4/2023). 

Meski dihadapkan dengan rintangan yang tidak mudah, kata Saidah, para relawan Baznas sejauh ini berhasil mengantarkan bantuan beras zakat fitrah Baznas ke sejumlah wilayah di Papua, hingga Papua Barat. 

Rasa lelah para relawan Baznas dalam menyalurkan bantuan ke pelosok Papua terbayarkan dengan senyuman yang menyambut mereka dari kejauhan. Senyuman yang terlukis di wajah dan lambaian tangan dari para mustahik menjadi obat penawar rasa lelah mereka selama menempuh perjalanan. 

"Alhamdulillah, mereka sangat senang ketika bantuan beras zakat fitrah Baznas datang ke tempat mereka terlebih kondisi saat ini harga beras sedang cukup tinggi," ujar Saidah.

Saidah juga mengucapkan terima kasih kepada para muzaki yang telah mengulurkan tangan membantu sesama. "Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga Ramadhan ini membawa berkah bagi kita semua."

Dalam mendistribusikan beras zakat fitrah, Baznas memberdayakan petani lokal untuk menyediakan beras dengan kualitas premium. Melalui pendampingan teknis dan dukungan sarana prasarana para petani lokal bisa merasakan adanya peningkatan finansial secara signifikan.

Pada 2023 ini, Baznas menyalurkan sebanyak 125.000 paket beras zakat fitrah bagi keluarga mustahik untuk didistribusikan ke 34 provinsi seluruh Indonesia, bekerja sama dengan berbagai pihak yaitu Baznas Provinsi/Kota/Kabupaten, mitra strategis Baznas hingga UPZ Baznas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement