Selasa 04 Apr 2023 06:30 WIB

Ustadz Riza Muhammad Ajak Muslim Hindari Dosa untuk Menjaga Iman

Perbanyak istighfar selama Ramadhan agar Allah ampuni dosa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ustaz Riza Muhammad mengisi kajian di Khazanah Fest di Masjid At-Thohir dengan tema Ramadhan Penuh Arti, Ahad (1/4/2023).
Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani
Ustaz Riza Muhammad mengisi kajian di Khazanah Fest di Masjid At-Thohir dengan tema Ramadhan Penuh Arti, Ahad (1/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak terasa bulan Ramadhan 1444 H hampir mendekati pertengahan. Di 10 hari kedua ini, biasanya masjid mulai terlihat agak sepi jika dibandingkan awal kedatangan bulan suci ini.

Untuk menjaga iman, Ustadz Riza Muhammad mengajak seluruh umat Muslim agar menghindari dosa dan maksiat. Ia menyebut salah satu pemicu rasa malas untuk beribadah adalah dua hal tersebut.

Baca Juga

"Iman itu naik turun, ia akan berkurang dengan kemaksiatan. Jujur, rasa malas itu karena dosa dan maksiat," ucap dia saat ditemui Republika.co.id di Masjid At-Thohir beberapa waktu lalu.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "al imanu yazidu wa yanqush, Yazidu bith tho’at, yanqushu bil ma’shiyat.” Artinya, iman itu bisa bertambah, bisa berkurang, bisa naik kadarnya, bisa menurun.

 

Iman akan bertambah dan naik dengan amal shaleh, ketaatan kepada Allah dan melaksanakan perintah-perintah Allah. Di sisi lain, ia akan berkurang dan menurun dengan kemaksiatan.

Ustadz Riza pun menyebut jika seorang Muslim tidak bisa menjaga ritme dosa dan maksiat ini, maka jelas hal tersebut akan menurunkan grade imannya.

"Artinya, ini seperti baterai hape. Kalau chargenya bagus maka akan bertahan dengan baik. Namun sebaliknya, jika chargenya tidak bagus maka akan drop," lanjut dia.

Karena itu, ia pun mengajak seluruh Muslim untuk berusaha menghindari dosa dan maksiat di bulan Ramadhan. Tujuannya adalah agar menjaga imunitas iman yang ia miliki. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement