Kamis 30 Mar 2023 15:15 WIB

Mengenal sejumlah tradisi bulan Ramadhan di Papua

Papua memiliki tradisi khas pada Ramadhan.

Warga mengunjungi Kampung Ramadhan Arsopura di Skanto, Keerom, Papua, Senin (27/3/2023). Kampung Ramadhan Arsopura yang ditempati sekitar 36 pedagang makanan dan minuman untuk berbuka puasa tersebut menjadi tempat untuk ngabuburit warga.
Foto:

Jelang Ramadhan

Menjelang bulan Ramadhan, ada tradisi umat Islam di Tanah Papua, khususnya di Ibu Kota Provinsi Papua, Kota Jayapura, yakni berziarah kubur. Setelah selesai membersihkan makam, masyarakat muslimdi Bumi Cendrawasih berdoa untuk orang tua dan kerabat yang sudah meninggal.Kegiatan seperti inijuga biasa dilakukan pada akhir bulan Ramadhan atau saat Hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan menjelang Hari Raya Idul Fitri, mereka biasa menggelar buka puasa bersamadi masjid dalam rangka menjalin silaturahmi antarjamaahdan ada pula dilakukan di lingkungan pekerjaan maupun lingkungan sosial kemasyarakatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jayapura Abdul Hafid Jusuf, mengatakan kegiatan yang sudah berlangsungbertahun-tahun itubertujuan untukmempererat tali silaturahmi antarumat dan antarmasyarakatdi Kota Jayapura. Acara buka bersama biasa dihadiri umat muslimmaupun non-muslim, sehingga mereka bisa merasakan suasana puasa Ramadhan bersama umat Islam.

Kebersamaan dan kekeluargaan tetap terjaga antarumat beragama di Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua, tersebut. Harmonisasi masyarakat di daerah berjuluk 'Port Numbay' itu dikuatkan dengan berdirinyatugu Harmoni Award yang diresmikan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi pada 7 Maret 2023.Harmonisasi umat di Kota Jayapura diharapkan akan tetap terjaga dan terawat sampai kapanpun.

Pada akhir Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal masyarakat muslim melaksanakan takbir keliling sambil membawa obor di Kota Jayapura. Pawai obor biasa dilakukan umat Islam di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura."Untuk saat ini,pawai obor sepertinya tidak lagi dilaksanakan,tetapi digantikan dengan takbir di setiap masjid," kata Abdul Hafid Jusuf.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement