Senin 06 Mar 2023 06:58 WIB

Putihkan Istiqlal, Jamaah Al-Khidmah Gelar Indonesia Berdzikir

Dzikir menenangkan hati.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan dzikir jamaah alkhidmah.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ilustrasi kegiatan dzikir jamaah alkhidmah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Wilayah Al-Khidmah DKI Jakarta menggelar acara Haul Akbar dan Indonesia Berdzikir di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/3/2023).Jamaah yang hadir banyak yang berpakaian putih, sehingga masjid yang terbesar se-Asia Tenggara itu pun memutih.

Majelis Al-Khidmah merupakan perkumpulan jamaah yang kegiatan utamanya adalah menyelenggarakan Majelis Dzikir Wa Maulidurrasul SAW untuk mendoakan orang tua, para sesepuh, dan juga kerabat, serta mendoakan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan NKRI, sesuai dengan tuntunan dan Bimbingan para guru Salafush Shalih.

Baca Juga

Ketua PW Jama'ah Alkhidmah DKI Jakarta, Ozer menyampaikan bahwa kegiatan haul akbar ini merupakan agenda tahunan. Kegiatan ini merupakan ikhtiar masyarakat untuk dapat mendekatkan diri kepada sang Allah SWT.

“Haul Akbar Jakarta tahun ini merupakan bagian dari selamatan tahunan masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Ini juga merupakan bagian Ikhtiar untuk menghadirkan ‘Oase Dunia’ di tengah gersangnya zaman dan cara menghadirkan taman dzikir di seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (5/3/2023).

“Kegiatan ini tidak lain tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kehadirat Allah SWT sebagai dzat Yang Mahakuasa,” imbuhnya.

Jamaah Al-Khidmah ini dirintis oleh Hadratus Syekh KH Achmad Asrori al Ishaqi ra dan dideklarasikan sebagai sebuah perkumpulan berbadan hukum pada 25 Desember 2005. Jama’ah Al-Khidmah mengikuti tuntunan Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam naungan tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah al-Ustmaniyah.

“Untuk di wilayah DKI Jakarta, kegiatan majelis dilakukan hampir setiap akhir pekan. Majelis ini sudah berjalan di beberapa tempat, seperti Masjid Keramat Luar Batang, Masjid Baitul Hikmah BRIN (LIPI), Masjid Roudlotul Jannah Cakung, Masjid Al Munawarah Pasar Induk Kramat Jati, Masjid Attaqwa Kembangan, Masjid Hidayatuttaufiq Kranggan, dan lain-lain,” jelas Ozer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement