Ahad 05 Mar 2023 19:11 WIB

UAS: Kita Diikat oleh Kebhinekaan, Jangan Mudah Diadu Domba 

UAS mengajak untuk menjaga harmoni antarumat beragama

Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS mengajak untuk menjaga harmoni antarumat beragama
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS mengajak untuk menjaga harmoni antarumat beragama

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS HULU— Penceramah kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) disambut hangat umat Muslim di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dengan pesan agar masyarakat selalu menjaga kebhinekaansupaya selalu tercipta keharmonisan.

"Kita ini diikat oleh kebhinekaan, jangan karena berbeda keyakinan lalu berbuat zalim dan jangan mudah diadu domba," kata Ustadz Abdul Somad, saat ramah tamah dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Kapuas Hulu, Ahad (5/3/2023).

Baca Juga

Diketahui, kedatangan Ustadz Abdul Somad didampingi Ustadz Luqmanulhakim menghadiri tabligh akbar yang akan dilaksanakan sekitar pukul 19.30 WIB, Ahad (5/3/2023) malam ini. 

Kemudian akan dilanjutkan tausyiah subuh di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, mulai Senin (6/3) dini hari.

Ustadz Abdul Somad menyampaikan kedatangannya ke Kapuas Hulu diharapkan dapat membawa kebaikan agar selalu menciptakan keharmonisan.

Menurutnya, keharmonisan dan kerukunan antar-umat beragama mesti dirawat untuk menjaga kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara Republik Indonesia tercinta.

"Indonesia terdiri dari berbagai suku dan agama terbentang kurang lebih 17 ribu pulau dan Indonesia menjaga kebhineka-an itu sejak nenek moyang dan sampai saat ini kita jaga sampai akhir hayat," katanya.

Dikatakan dia, banyak orang negara luar kagum dan ingin melihat kebhineka-an Indonesia, sehingga jika pihak luar ingin mengajarkan kebhineka-an kita masyarakat Indonesia sudah menjaga hingga saat ini.

"Perbanyak silaturahim dan berkomunikasi, sehingga kita bisa saling merawat keharmonisan tidak terjadi miskomunikasi, silakan menjalankan keyakinan kita masing-masing, yang bengkok kita luruskan yang retak kita satukan, mudah-mudahan kedatangan saya mendatangkan kebaikan dan jangan mudah diadu domba," pesannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, mengatakan kedatangan Ustadz Abdul Somad mendatangkan berkah dan mempererat kerukunan masyarakat Kapuas Hulu.

Dikatakan Wahyudi, masyarakat Kapuas Hulu telah hidup berdampingan dengan penuh rasa kekeluargaan meski pun berbeda keyakinan agama dan suku.

"Kerukunan dan keharmonisan itu sejalan dengan visi misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Kapuas Hulu yang Harmonis, energik, berdaya saing, amanah dan terampil (Kapuas Hulu Hebat)," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Dia menyampaikan terima kasih atas kesediaan Ustadz Abdul Somad bersama Ustadz Luqmanulhakim beserta rombongan ke Kabupaten Kapuas Hulu.

"Sampaikan lah kepada kami ilmu untuk bekal dalam menyebarkan kebaikan untuk terus merawat dan memperkokoh kerukunan antar umat beragama," ucap Wahyudi.

Wahyudi juga menyampaikan terima kasih atas kebersamaan dan sinergisitas semua pihak tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh organisasi masyarakat yang sangat kompak dalam menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad.

"Terima kasih juga kepada pihak TNI dan Polri, Sat Pol PP dan panitia yang telah sinergis untuk mempersiapkan kedatangan Ustad Abdul Somad, terlebih lagi semua organisasi masyarakat dari lintas sektoral agama," kata Wahyudi.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement