Selasa 21 Feb 2023 17:24 WIB

Bersama Lembaga Zakat, Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan ke Turki-Suriah

Forum zakat berkomitmen membersamai korban gempa Turki dan Suriah.

Presiden Joko Widodo meninjau dan melepas bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah
Foto: Forum Zakat
Presiden Joko Widodo meninjau dan melepas bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melepaskan bantuan sebanyak 140 ton bahan makanan dan logistik untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (21/2/2023) bersama Lembaga Zakat anggota Forum Zakat dan NGO Kemanusiaan lainnya. Bantuan ini dikirim  menggunakan 4 pesawat Hercules C-130 TNI AU diarahkan oleh Menhan Prabowo.

Presiden Joko Widodo menyebut bantuan itu sebagai bagian dari diplomasi kemanusiaan antara Turki-Suriah dengan Indonesia. "Kami harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Baca Juga

Sementara, Wakil Sekretaris Umum Angga Nugraha mengatakan, lembaga zakat anggota Forum Zakat terus berkomitmen dalam penanganan gempa Turki-Suriah. “Saat ini sudah ada 11 lembaga zakat Anggota Forum Zakat yang mengirimkan amil relawan dalam penanganan bencana Turki-Suriah di Klaster Penyelematan, Klaster Kesehatan dan Klaster Logistik,” ungkapnya.  

Aksi penanganan bencana ini, kata Angga, menyebar di lokasi terdampak seperti Hatay, Kahramanmaras, Gaziantep, Reyhanli, Adana, Zaitinobe, Aktepe serta Ankara. “Bantuan kami salurkan juga kepada WNI yang menjadi korban terdampak, dan mengungsi, kami kirimkan logistik dan bersinergi dengan mitra lokal yang ada di sana,” jelasnya.

Turut hadir dalam agenda tersebut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Lembaga Zakat Anggota Forum Zakat dan NGO Kemanusiaan lainnya.

Tentang Forum Zakat

FOZ adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia. Saat ini FOZ memiliki anggota sebanyak 196 lembaga dari Aceh hingga Papua. Fungsi utama FOZ adalah penguatan kapasitas dan kompetensi pengelola, advokasi, sinergi, serta kolaborasi program-program pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan komunitas masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement