Ahad 19 Feb 2023 09:43 WIB

Momentum Ramadhan, Bakrie Amanah Siap Tebarkan Kebaikan

Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian sosial

Laznas Bakrie Amanah melakukan kegiatan penyaluran di bulan Ramadhan dengan target penyaluran di 80 Kota/Kabupaten di 34 Provinsi.
Foto: Bakrie Amanah
Laznas Bakrie Amanah melakukan kegiatan penyaluran di bulan Ramadhan dengan target penyaluran di 80 Kota/Kabupaten di 34 Provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selama bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa selama sehari penuh dan menghabiskan waktu untuk meningkatkan spiritualitas dan ketaqwaan. Namun, bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian sosial terhadap orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Kepedulian sosial di bulan Ramadhan di Indonesia bisa dilihat dari berbagai bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat, organisasi, dan lembaga. Bahagiakan Anak Negeri adalah salah satu contoh program kepedulian sosial yang diusung Bakri Amanah di bulan Ramadhan tahun ini.

Program ini diadakan untuk memberikan keceriaan dan semangat kepada anak-anak di Indonesia yang berpuasa. Program inilah yang nantinya akan menjadi fokus utama Laznas Bakrie Amanah dalam melakukan kegiatan penyaluran bulan Ramadhan dengan target penyaluran di 80 Kota/Kabupaten di 34 Provinsi.

photo
Laznas Bakrie Amanah melakukan kegiatan penyaluran di bulan Ramadhan dengan target penyaluran di 80 Kota/Kabupaten di 34 Provinsi. - (Bakrie Amanah)

 

 

Untuk kelancaran program Bahagiakan Anak Negeri, Bakrie Amanah menyiapakan program donasi selama bulan Ramadhan. Program donasi ini juga akan disalurkan dalam program lainnya, seperti: Pembagian sembako, paket sahur, atau pembagian makanan gratis kepada orang-orang yang membutuhkan. Menurut Direktur Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk bisa memaksimalkan kepedulian sosial kaum muslimin dengan mendonasikan sebagian rezeki mereka dengan sejumlah manfaat yang mereka terima.

“Kita tahu dalam dunia investasi terdapat istilah return on investment dimana seseorang akan menginvestasikan uangnya untuk bisa mendapatkan benefit di masa mendatang. Demikian pula dalam kegiatan sosial, juga dikenal istilah SROI, yaitu Social Return on Invesment. Dalam SROI, benefit yang diperoleh bukan hanya secara duniawi tapi benefit secara akhirat, berupa investasi kebaikan,” ujar Setiadi Ihsan, dalam siaran persnya.

Setiadi Ihsan, dengan mengutip QS 2: 185, menambahkan selain ketaqwaan yang menjadi ouput ibadah puasa juga adalah kesyukuran bagi kaum muslimin. Berdonasi di bulan yang mulia adalah bentuk lain dari kesyukuran kaum muslimin atas anugerah-Nya. Benefitnya dirasakan langsung oleh para penerima manfaat dan membuahkan kebahagiaan dan kepuasan batin bagi para donatur di bulan Ramadan. 

“Inilah salah satu fadhilah berdonasi di bulan Ramadhan,” terangnya, dalam siaran pers, Ahad (19/2/2023).

Kepedulian sosial di bulan Ramadan di Indonesia merupakan suatu bentuk nyata dari solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama. Ini menunjukkan masyarakat Indonesia memiliki budaya yang sangat peduli dengan orang-orang yang membutuhkan. Selama bulan Ramadhan, semangat kepedulian sosial tersebut semakin meningkat dan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai bentuk kepedulian sosialnya, Laznas Bakrie Amanah telah menyusun rangkaian program Ramadhan yang akan dilakukan. Menurut Koordinator Program Ramadan Bakrie Amanah, Nasafi Pramunuha rencananya program ramadan Bakrie Amanah akan dilaksanakan yang akan diawali dengan kegiatan Olimpiade Muslim Anak Negeri pada bulan maret mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement