Ahad 12 Feb 2023 22:02 WIB

Menjelang Ramadhan, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Muslim Jabar Perkuat Keimanan

Ridwan Kamil sebut Ramadhan momentum tingkatkan level diri.

Rep: Arie Lukihardianti, Dedy Darmawan Nasution/ Red: Erdy Nasrul
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto:

photo
Warga membeli bahan pokok di Lapak Pangan Murah di halaman Kantor DKPP Kota Bandung, Jalan Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (9/2/2023). Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menggelar lapak pangan murah yang menjual berbagai bahan pokok. Lapak Pangan Murah tersebut merupakan salah satu upaya pengendalian inflasi di Kota Bandung. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

“Pangan segar yang dijual langsung di pasar itu harus dipastikan keamanannya. Oleh karena itu kami bersama dengan OKKPD provinsi dan kabupaten serta Perumda Pasar turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pengetesan pangan segar yang dijual di pasar," kata Andrik, dalam keterangan pers, Jumat (10/20/2023). 

Ia mencontohkan, pengawasan baru dilakukan di wilayah Pasar Bogor untuk jenis-jenis pangan segar yang dijual di Pasar Baru Bogor antara lain kubis, cabai, strawberi, bawang bombay, anggur dan brokoli.

Di mana, setelah dilakukan pemeriksaan dengan rapid test beberapa komoditas pangan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan NFA diperoleh hasilnya berasa dalam tingkatan aman.

“Hasil aman tersebut artinya residu pestisida yang terkandung di dalam sayuran maupun buah di Pasar Baru Bogor yang telah diuji masih berada di bawah ambang batas maksimum residu,” jelasnya. 

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kota Bogor Soni Gumilar mengatakan, pihaknya merencanakan pada tahun 2023 ini akan memulai secara intens kegiatan pengawasan pangan segar asal tumbuhan.

Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi pada kesempatan lain menekankan, jaminan keamanan pangan segar bagi masyarakat merupakan hal penting yang harus dilakukan secara bersama–sama melalui sinergi antara pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah, termasuk di dalamnya penguatan kelembagaan pengawasan keamanan pangan pusat dan daerah.

“Pengawasan pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan ini akan terus dilakukan, untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, bahwa pangan segar yang beredar di pasar itu aman untuk dikonsumsi, dan ini akan kita laksanakan dan tingkatkan skalanya,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement