Kamis 09 Feb 2023 20:10 WIB

Shalawat Asyghil yang Buat Merinding di Acara Resepsi Satu Abad NU

Saat menulis aransemen shalawat ini, Addie MS merasa terharu.

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda
Komposer orkestra Addie MS saat menghibur sejumlah peserta  Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut. Acara resepsi tersebut berlangsung selama 24 jam dengan diisi beragam kegiatan seperti membaca shalawat dan shalat qiyamul lail, karnaval kebudayaan nusantara, bazar UMKM, dan panggung hiburan rakyat yang akan diisi oleh sejumlah band dan musisi seperti Slank, Rhoma Irama dan Maher Zain.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Komposer orkestra Addie MS saat menghibur sejumlah peserta Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU sekaligus meresmikan dan membuka kegiatan tersebut. Acara resepsi tersebut berlangsung selama 24 jam dengan diisi beragam kegiatan seperti membaca shalawat dan shalat qiyamul lail, karnaval kebudayaan nusantara, bazar UMKM, dan panggung hiburan rakyat yang akan diisi oleh sejumlah band dan musisi seperti Slank, Rhoma Irama dan Maher Zain.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Dari semua rangkaian kegiatan acara Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo ada momentum yang membuat bulu kuduk merinding, yaitu saat Komponis Addie MS menampilkan lantunan aransemen Shalawat Asyghil. Lantunan shalawat ini dibawakan oleh empat anak hebat, yaitu Azzam Mukjizat, Majda, Sayed Syauqi Alaidrus, dan Yasmin Najma.

Shalawat Asyghil yang dilantunkan empat anak itu juga diselingi paduan suara yang dikoordinir oleh Marthin Tuppano, Jay Wijayanto dan dibantu oleh Nur Hidayat dan Wildan. Seluruh warga Nahdliyin yang berada di dalam Stadion Gelora Delta Sidaorjo pada Selasa (7/2/2023), saat itu pasti tersentuh dengan penampilan empat anak yang memiliki suara emas itu.

Baca Juga

Bahkan, beberapa orang wartawan yang meliput pun mengaku merinding saat menikmati lanturan Shalawat Asyghil. Karena, Shalawat Asyghil itu berkumandang dengan bantuan suara simfoni yang indah.

Saat menulis aransemen shalawat ini, Addie MS pun merasa terharu. “Beberapa kali mataku basah saat menulis aransemen shalawat ini. Ada getaran yang mengharukan saat merangkai harminya. Ada rasa yang sulit dijelaskan saat merajut orkestranya,” jelasnya dikutip dari akun instagramnya, @addiems999, Kamis (9/2/2023).

 

Addie pun berterima kasih kepada Allah SWT yang telah meniupkan inspirasi ketika membuat aransemen shalawat itu. Ia juga berterima kasih kepada NU yang telah memberikan kepercayaan untuk membuat orkestrasi Shalawat Asyghil di momen bersejarah itu.

“Semoga NU tetap solid dalam menyebarkan ajaran Islam yang ramah, toleran, moderat dan berimbang serta terus menggelorakan semangat kebangsaan,” kata Addie MS.

Berikut Lirik Shalawat Asyghil yang berkumandang di Acara Resepsi Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) kemarin.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَ

وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِينَ وَعلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin

Wa Akhrij-na min Bainihim Saalimin, wa Ala Aalihi wa shahbihi Ajmain

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim agar mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berikanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement