Ahad 29 Jan 2023 22:25 WIB

Sambut 1 Abad NU, PWNU Aceh Tanam Ribuan Pohon Cegah Pemanasan Global 

PWNU Aceh turut berpartisipasi cegah perubahan iklim sebagai rangkaian 1 Abad NU

Ilustrasi pohon. PWNU Aceh turut berpartisipasi cegah perubahan iklim sebagai rangkaian 1 Abad NU
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi pohon. PWNU Aceh turut berpartisipasi cegah perubahan iklim sebagai rangkaian 1 Abad NU

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH— Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh menanam 2.000 pohon di salah satu wilayah Kabupaten Aceh Besar dalam rangka memperingati momentum satu abad usia NU.

Ketua PWNU Aceh, Tgk Faisal Ali, di Aceh Besar, Ahad (29/1/2023) mengatakan di sela kegiatan Penanaman 2.000 PBNU telah menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Cabang (PC) di Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia untuk memperingati serta memeriahkan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama 2023.

Baca Juga

“Salah satu kegiatan yang tidak kalah penting dalam rangka memperingati 1 Abad Nahdlatul Ulama ini adalah menyahuti tentang situasi dunia secara global, di mana kita melihat tidak menentunya iklim akibat pemanasan global, untuk itu NU juga harus ambil peran,” katanya.

Faisal Ali menjelaskan momentum 1 Abad NU ini Pengurus Wilayah bersama seluruh kader berinisiatif untuk melakukan penghijauan dengan penanaman lebih kurang 2.000 pohon.

“Mudah-mudahan penanaman pohon ini akan membuat masa depan dunia ini akan menjadi lebih baik, lebih subur dan lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam,” katanya.

Faisal Ali mengatakan penanaman pohon tersebut dilakukan di wilayah Samahani Aceh Besar, yaitu wilayah yang dulu pada masa konflik Aceh menjadi basisnya GAM, juga dipilih beberapa tempat lain sebagai alternatif.

“Ini merupakan sebagai upaya dan ikhtiar Nahdlatul Ulama agar kesuburan terjadi dan jangan sampai semakin tandus yang membuat suasana pemanasan global dan bencana alam terus menghantui kita,” kata Lem Faisal.

Dia menyadari bahwa hal tersebut tidak banyak yang dapat kita lakukan, tetapi walaupun hanya 2.000 pohon yang ditanam, di sini NU ingin berperan serta dapat meninggalkan sesuatu yang bermanfaat di dunia ini dalam konteks penghijauan, dalam rangka mengantisipasi suasana pemanasan dan cuaca yang tidak menentu di masa mendatang.

Ketua Panitia, Iskandar Zulkarnaen, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan aksi sosial warga Nahdlatul Ulama Aceh untuk melakukan penanaman pohon yang dipusatkan pada Lahan Hutan Lindung Samahani, Gampong Lam Ara Tunong, Samahani Aceh Besar.

Dia menyebutkan 2.000 pohon tersebut merupakan bantuan dari kerjasama antara PBNU dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dalam program penanaman 10 Juta pohon akhir 2022.

Kegiatan tersebut kata Iskandar, dilakukan secara bersama yang hadiri Pengurus Wilayah NU Aceh, para ketua, sekretaris dan bendahara Pengurus Cabang Kabupaten/Kota, anggota badan otonom, lembaga dan warga NU Aceh lainnya.    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement