Jumat 20 Jan 2023 19:01 WIB

DMI Sulteng Libatkan Kemenag Tingkatkan Kapasitas Imam dan Dai

DMI Sulteng telah mencetak 233 imam dan dai melalui pelatihan tersebut.

Ilustrasi Penceramah. DMI Sulteng Libatkan Kemenag Tingkatkan Kapasitas Imam dan Dai
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Penceramah. DMI Sulteng Libatkan Kemenag Tingkatkan Kapasitas Imam dan Dai

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tengah melibatkan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulteng untuk meningkatkan kapasitas imam dan dai/penceramah.

"Iya, DMI melibatkan Kemenag Sulteng dalam meningkatkan kapasitas imam dan penceramah," ucap Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Mas'ud, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga

Muchtar mengatakan DMI Sulteng melakukan kegiatan pelatihan imam dan dai dari 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng. "Kegiatan ini dilakukan atas arahan dari Ketua Umum PW DMI Sulteng bapak Ahmad M Ali, yang mana beliau menginginkan agar kehadiran DMI memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, sesuai dengan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," ucapnya.

Pelatihan imam dan dai yang dilaksanakan oleh PW DMI Sulteng telah memasuki angkatan ke lima sejak digagas pada 2022. Hingga saat ini, PW DMI Sulteng telah mencetak 233 imam dan dai melalui pelatihan tersebut. Pelatihan ini sudah sampai pada angkatan empat.

"Untuk angkatan ke lima berjumlah 72 orang masih dalam proses pembinaan dan pelatihan, sehingga jumlah 233 tersebut tidak termasuk 72 orang tersebut," ungkapnya.

Kemenag Sulteng memberikan penguatan kepada imam dan dai mengenai Islam dan keindonesiaan. Hal ini bertujuan agar imam dan dai sebagai tokoh masyarakat menjadi penyejuk di tengah keragaman.

Ketua Umum PW DMI Sulteng Ahmad M Ali mengemukakan dai (pendakwah) dan imam masjid memiliki peran yang sangat penting dalam merawat dan meningkatkan perdamaian sosial dan kerukunan antarumat beragama.

"Para dai dan imam masjid berperan memberikan pencerahan kepada jamaah masjid dan masyarakat, sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu atau informasi yang memecah belah persatuan dan kerukunan umat beragama," ucap Haji Matu sapaan akrab Ahmad M Ali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement