Kamis 19 Jan 2023 12:10 WIB

Mahasiswa Kedokteran UMI Gelar Sunatan Massal di Pedalaman Barru

Kegiatan sunatan massal disambut baik dan antusias masyarakat setempat.

Ilustrasi sunatan massal.
Foto: Antara/Audy Alwi
Ilustrasi sunatan massal.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Bantuan Medis (TBM) 110 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) Makassar, menggelar bakti sosial (baksos) sunatan massal di daerah pedalaman Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Baksos yang bekerja sama dengan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (PMI) UMI tersebut diberi nama Ekspedisi Kemanusiaan 2023 yang dilaksanakan di Kecamatan Pujananting, sebagai kecamatan terakhir di perbatasan antara Kabupaten Barru dan Kabupaten Bone.

Kepala Humas UMI Nurjannah Abna di Makassar, Kamis, mengatakan kegiatan yang digelar 18-19 Januari 2023 ini disambut baik dan antusias masyarakat setempat.

"Aksi tersebut dilakukan di dua titik, yaitu Puskesmas Pembangu(Pustu) Desa Bulo-bulo dan rumah warga di Dusun Pasengareng. Sasaran warganya mencakup masyarakat yang ada di enam dusun sekitar titik baksos," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh TBM 110 FK UMI ini bukan hanya fokus sunatan massal namun juga berupa pemeriksaan kesehatan.

Walaupun menembus desa pedalaman dengan jalur yang terbilang sangat terjal dan ekstrem, kata dia, tim FK UMI berhasil melakukan khitan kepada 36 orang anak dan memberi pemeriksaan kesehatan ke kurang lebih 40-an masyarakat di daerah terpencil tersebut.

Kegiatan baksos ini merupakan komitmen dan wujud kepedulian tim kemanusiaan mahasiswa kedokteran UMI kepada masyarakat.

"Masyarakat sangat bersyukur dengan kegiatan kemanusiaan seperti ini, karena waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau dusun tersebut sekitar 4-5 jam dari jalan poros Pangkep," demikian Nurjanah Abna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement