Selasa 17 Jan 2023 05:05 WIB

Israel Tebar Teror, Tangkapi Anak-Anak Saat Sedang Tidur Dini Hari

Perbuatan tentara Israel menyebarkan ketakutan di keluarga Palestina.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Israel Tebar Teror, Tangkapi Anak-Anak Saat Sedang Tidur Dini Hari
Foto:

Cerita serupa berlimpah di daerah tersebut. Kota Nablus di utara muncul sebagai titik nyala utama kekerasan tahun lalu setelah Israel memulai tindakan keras di Tepi Barat sebagai tanggapan atas rentetan serangan Palestina di Israel.

Tahun lalu, kelompok hak asasi Israel B'Tselem melaporkan pasukan Israel menewaskan sedikitnya 146 warga Palestina, termasuk 34 anak-anak. Itu menjadikan 2022 sebagai tahun paling mematikan bagi warga Palestina di Tepi Barat dalam 18 tahun.

Menurut tentara Israel, sebagian besar warga Palestina yang tewas adalah militan. Tetapi para pemuda yang memprotes penyerangan dan lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga telah dibunuh. Serangan Palestina, sementara itu, menewaskan sedikitnya 31 orang Israel tahun lalu.

Israel mengatakan, operasi itu dimaksudkan membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan. Orang-orang Palestina mengecam serangan itu sebagai hukuman kolektif yang bertujuan memperkuat pendudukan terbuka Israel selama 55 tahun atas tanah yang mereka inginkan untuk negara masa depan. Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, bersama dengan Yerusalem timur dan Jalur Gaza.

Penggerebekan malam hari tidak terbatas di Tepi Barat. Polisi Israel juga melakukan penggerebekan rutin di lingkungan Palestina di Yerusalem timur.

Musim gugur yang lalu di lingkungan Beit Hanina di Yerusalem, Rania Elias mendengar gedoran di pintu sebelum fajar. Putra bungsunya, Shadi Khoury yang berusia 16 tahun, sedang tidur.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement