Rabu 11 Jan 2023 19:09 WIB

Masjid Agung Sultan Qaboos, Hubungkan Masa lalu dan Masa Depan Oman 

Masjid Agung Sultan Qaboos memiliki kapasitas 6.500 jamaah di dalam.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
(Ilustrasi) Masjid Sultan Qaboos di Oman.
Foto: wikipedia
(Ilustrasi) Masjid Sultan Qaboos di Oman.

REPUBLIKA.CO.ID,MUSKAT — Oman akan menandai ulang tahun ketiga kenaikan tahta Sultan Haitham pada Kamis (12/1/2023) dengan hari libur nasional. Sultan Haitham menggantikan Sultan Qaboos bin Said yang memerintahkan Oman selama 50 tahun pada Januari 2020.

Mantan penguasa itu meninggalkan warisan abadi di kesultanan dan dikenang sebagai seorang modernisator yang menempatkan Oman di peta sebagai salah satu negara berkembang tercepat di dunia, dengan tetap menghormati tradisinya. Salah satu peninggalan fisiknya adalah Masjid Agung Sultan Qaboos di Muskat.

Baca Juga

Dilansir dari The National News, Rabu (11/1/2023), Masjid Agung Sultan Qaboos dibangun lebih dari 20 tahun yang lalu. Sebagai landmark ikonik Oman, Masjid Agung Sultan Qaboos berdiri menjadi jembatan simbolis antara masa lalu dan masa depan negara itu sebagai salah satu bangunan terpopulernya.

Khalifa Al Maskery (71) seorang relawan Oman yang telah bekerja di masjid selama delapan tahun, mengatakan bahwa setelah meninggalnya Sultan Qaboos, orang menemukan penghiburan karena ia meninggalkan banyak kenangan seumur hidup.

 

“Dia (Sultan Qaboos) adalah sosok ayah di Oman. Dia mengajari orang-orang di kesultanan untuk mencintai perdamaian, menghormati dan menghormati diri sendiri dan orang lain, serta mencintai negara dan budaya mereka,” kata Al Maskery.

Sultan Haitham mengikuti jejak mendiang Sultan Qaboos untuk membuat semua merasa aman di negara yang indah ini.

“Sultan Haitham berinteraksi dengan masyarakat di Oman dan mendengarkan pendapat mereka untuk masa depan yang lebih baik bagi negara dan warganya,” ujarnya.

Sulaiman Al Amri (30) seorang pemandu wisata Oman, mengatakan Sultan Haitham telah menginspirasi warga untuk membangun prestasi Sultan Qaboos. Visi Oman 2040 adalah road map untuk semua aspirasi.

“Kami memiliki kepercayaan besar pada kepemimpinan kami dan kami tahu bahwa Oman akan memiliki masa depan yang lebih baik dengan visi ini,” kata Amri.

“Pendidikan dan pekerjaan adalah satu-satunya sarana pengembangan kami dalam konteks peradaban Islam kami yang terwakili di masjid ini,” tambahnya.

Mewakili sejarah Oman

Sebagai pemandu di masjid, Al Maskery berbicara dengan ratusan wisatawan setiap minggunya tentang keindahan dan sejarah bangunan tersebut.

“Selama musim dingin, kami memiliki lebih dari 3.000 turis per hari yang mengunjungi masjid kebanyakan dari Eropa, AS, Jepang, dan China,” katanya.

Masjid ini mewakili banyak sejarah Oman dengan karpet ikonik dan lampu gantungnya yang besar.

Dia menggambarkan Masjid Agung Sultan Qaboos sebagai keajaiban arsitektural dan artistik yang mencerminkan keindahan seni Islam, Oriental, dan Oman.

Oman menugaskan Swarovski, produsen kaca kristal Austria, untuk mendesain lampu gantung.

Lampu gantung itu memiliki diameter delapan meter dan tinggi 14 meter, dengan berat sekitar delapan ton.

Ini memiliki 1.000 lampu halogen yang dikelilingi oleh 600.000 keping kaca kristal, yang didukung oleh susunan struktur berlapis emas.

“Pada saat dipasang, hanya beberapa bulan sebelum masjid agung dibuka pada Mei 2001, lampu gantung megah itu adalah yang terbesar di dunia,” kata Al Maskery.

Karpet seberat 21 ton ini dibawa dari Iran dan dihamparkan oleh perempuan Iran di atas lahan seluas 4.263 meter persegi.

“ Ini berisi 1.700 juta knot dan butuh waktu 27 bulan untuk membuatnya,” katanya.

 

Karpet tersebut memiliki ribuan pola indah dari desain Islami yang rumit yang dijalin dengan indah dalam harmoni yang luar biasa. “Ini adalah pesta untuk mata setiap pengunjung yang datang untuk melihatnya,” kata dia

Atap persegi masjid ini dikelilingi kubah tengah dengan tinggi total 50 meter. Masjid memiliki lima menara yang mendefinisikan lima rukun Islam. Menara utama tingginya 92 meter sedangkan sisanya 45 meter.

Masjid ini memiliki kapasitas 6.500 jamaah di dalam, sedangkan taman di luar dapat menampung 10.000 orang. Aula terpisah untuk wanita menampung 4.000.

Sumber:

https://www.thenationalnews.com/gulf-news/oman/2023/01/11/sultan-qaboos-grand-mosque-connects-omans-past-and-future/?outputType=amp

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement