Selasa 10 Jan 2023 11:12 WIB

Benarkah Cristiano Ronaldo Mengatakan Sangat Mencintai Islam? Cek Faktanya

Informasi tersebut mulai beredar setelah kontrak Ronaldo dengan Al Nasr diumumkan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Benarkah Cristiano Ronaldo Mengatakan Sangat Mencintai Islam? Cek Faktanya
Foto: AP/Amr Nabil
Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Benarkah Cristiano Ronaldo Mengatakan Sangat Mencintai Islam? Cek Faktanya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah foto lama pesepakbola Cristiano Ronaldo sedang melakukan wawancara dengan seorang wanita berhijab di sebuah acara di Dubai beredar di media sosial. Beberapa klaim menyebut ia mengaku mencintai Islam.

Dari penelusuran yang ada, gambar itu berasal dari Dubai Expo 2022. Di kesempatan tersebut ia menyatakan cintanya pada Dubai, yang berarti kutipan viral tentang Islam yang dikaitkan dengannya adalah hal yang salah.

Baca Juga

Christiano Ronaldo merupakan kapten tim sepak bola Portugal, yang kini bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nasr pada Desember 2022. Dia bergabung dengan kontrak selama dua setengah tahun.

Dilansir di BOOM Live, Selasa (10/1/2023), informasi yang salah tentang Ronaldo dan klub Arab ini mulai beredar setelah kontrak tersebut diumumkan. Gambar tersebut dibagikan dalam sebuah unggahan di Facebook, dengan keterangan dalam bahasa Hindi. Arti teks tersebut: "Wanita Muslim dari Arab Saudi ini mengajukan pertanyaan kepada Cristiano Ronaldo. Apa yang paling Anda sukai, Ronaldo berkata saya cinta Islam" 

 

Adapun dalam tulisan Hindinya: "सऊदी अरब की इस मुसलमान महिला ने क्रिस्टियानो रोनाल्डो से एक सवाल पूछा..#रोनाल्डो आप सबसे ज्यादा किससे प्यार करते हो, "क्रिस्टियानो रोनाल्डो ने कहा में #इस्लाम से प्यार करता हूं। #अलहमदुलिल्ला"

Berdasarkan pencarian gambar terbalik pada foto tersebut, BOOM menemukan gambar itu diunggah oleh "@Cristianoxtra_", akun penggemar pesepakbola tersebut di Twitter, pada 28 Januari 2022.

Cicitan itu mengutip Ronaldo yang mengatakan, "Saya berterima kasih kepada semua penggemar saya. Saya tidak mengharapkan begitu banyak peserta hadir dan saya mencintai Dubai, budayanya dan orang-orangnya. Saya mengunjungi Dubai setiap tahun, dan saya sangat senang untuk berada di sini."

Gambar serupa dari sudut yang berbeda juga diterbitkan dalam artikel Gulf News pada 28 Januari 2022. Gambar tersebut diberi judul, Cristiano Ronaldo, pemain depan Portugal International dan Manchester United dan Marjan Faraidooni, Chief Experience Officer, Expo 2020 di Al  Wasl, Expo 2020 Dubai.

Dari hasil penelusuran, ditemukan pula gambaran visual yang sama, saat Ronaldo berbicara dalam acara yang diunggah di YouTube oleh Emirates Live. Outlet berita yang berbasis di Dubai, Khaleej Times, mengunggah video sesi tanya jawab langsung antara Ronaldo dan pembawa acara di Al Wasl Plaza.

Versi panjang dari video sesi tanya jawab yang berdurasi 18 menit juga tersedia di situs web Expo 2020. Mulai dari menit ke-3 dan seterusnya, Ronaldo mulai berbicara.

"Saya suka Dubai. Karena mereka memperlakukan saya dengan luar biasa. Saya suka orang-orangnya. Saya suka budayanya. Dan saya datang setiap tahun jadi senang berada di sini," kata dia dalam wawancara tersebut.

BOOM juga telah memeriksa laporan terperinci tentang pidato Ronaldo yang diterbitkan oleh Khaleej Times pada 28 Januari 2022. Namun, tidak disebutkan komentar Ronaldo tentang Islam dalam artikel tersebut.

sumber : https://www.boomlive.in/fact-check/sports/cristiano-ronaldo-dubai-expo-2020-fake-news-fact-check-islam-fake-quote-20689
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement