Sabtu 24 Dec 2022 01:07 WIB

Akhlak Habib Ali Al Habsyi Ketika Berbagi Warisan dengan Saudara

Membagi warisan membutuhkan akhlak.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi warisan
Foto:

Syarifah Alawiyyah meminta agar Habib Ali Al Habsyi menemui saudara-saudaranya di Makkah untuk takziyah. Namun, Syarifah Alawiyyah mengingatkan Habib Ali agar sesampainya di Makkah jangan sedikit pun menyinggung masalah warisan.

Tetapi Syarifah Alawiyyah mengajarkan pada putranya itu agar menerima apa pun yang diberikan oleh saudara-saudara Habib Ali di Makkah. Habib Ali pun menaati dan menjunjung tinggi setiap perkataan ibunya. 

Habib Ali pun berangkat ke Makkah. Sesampainya di sana, Habib Ali menyampaikan ucapan belasungkawa kepada saudara-saudaranya itu. Dari awal pertemuan hingga menjelang pulang, tak sedikit pun Habib Ali membahas mengenai warisan.

Itu membuat para saudaranya pun heran. Ketika Habib Ali hendak kembali ke Seiwun, saudaranya pun bertanya kepada Habib Ali, mengapa dia tak sedikit pun bertanya tentang warisan. 

"Aku datang untuk berbelasungkawa atas meninggalnya ayah. Adapun hakku terhadap kalian telah keguguran. Tetapi jika kalian hendak memberiku sesuatu dari peninggalan ayah, aku akan menerimanya," jawab Habib Ali seperti dikutip dalam Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar yang disusun Habib Husein Anis Al Habsyi dan diterbitkan Pustaka Zawiyah.

Saudara-saudara Habib Ali pun lantas menunjukkan semua peninggalan ayah mereka. Mereka pun membaginya dengan adil dan penuh keikhlasan satu sama lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement