Selasa 20 Dec 2022 23:10 WIB

MUI: Mari Introspeksi Diri di Akhir Tahun 2022

MUI mengajak semua umat Islam melakukan introspeksi diri di akhir tahun.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyampaikan ceramah saat acara Muhasabah dan Istighotsah akhir tahun 2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Kegiatan Muhasabah dan Istighotsah akhir tahun 2022 sebagai upaya instrospeksi diri serta meningkatkan ketakwaan  dalam mempersiapkan menyambut tahun yang akan datang. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyampaikan ceramah saat acara Muhasabah dan Istighotsah akhir tahun 2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Kegiatan Muhasabah dan Istighotsah akhir tahun 2022 sebagai upaya instrospeksi diri serta meningkatkan ketakwaan dalam mempersiapkan menyambut tahun yang akan datang. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Dakwah menyelenggarakan Muhasabah dan Istighosah Akhir Tahun 2022 di Masjid Istiqlal pada Selasa (20/12/2022) malam. Di momen muhasabah dan istighosah ini, MUI mengajak semua umat Islam melakukan introspeksi diri di akhir tahun.

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi, mengatakan, di akhir tahun 2022, Komisi Dakwah MUI kembali melaksanakan muhasabah dan istighosah. Tujuannya ingin mengajak bersama-sama segenap kaum muslimin dan muslimat di seluruh Tanah Air melakukan introspeksi diri.

Baca Juga

"Mari di akhir tahun ini kita introspeksi diri, muhasabah, tentang apa yang kita lakukan atau kita perbuat di tahun ini, tentu tujuannya adalah kita ingin memperbaiki yang tidak baik dan meningkatkan yang sudah baik," kata Kiai Zubaidi saat Muhasabah dan Istighosah Akhir Tahun 2022, Selasa (20/12/2022) malam.

Kiai Zubaidi menyampaikan, berharap di tahun 2023 semua amal perbuatan, baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat agar lebih baik lagi. Tentu semua berdoa kepada Allah SWT semoga tahun yang akan datang diberi keberkahan oleh Allah SWT.

 

"Berharap di tahun yang akan datang kita dihindarkan dari semua bencana, dari malapetaka, kita semua diberi kehidupan yang baik, damai dan senantiasa kita dipersatukan," ujar Kiai Zubaidi.

Kiai Zubaidi menambahkan, melalui kegiatan muhasabah dan istighosah, semoga Allah SWT meridhoi semuanya, dan semoga semua harapan kaum muslimin dan muslimat menjadi kenyataan.

"Yang jelas kita berharap semua kesalahan kita di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang, sehingga Insya Allah kita akan sukses lagi dan hidup lebih berkah lagi," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement