Selasa 20 Dec 2022 19:30 WIB

Kiamat Sughra, Tanda Hari Akhir yang Telah Terjadi

Dinamakan demikian, bukan berarti tanda sughra berarti kecil.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Kiamat Sughra, Tanda Hari Akhir yang Telah Terjadi
Foto: republika
Kiamat Sughra, Tanda Hari Akhir yang Telah Terjadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengetahui tanda-tanda hari kiamat, menurut Syekh Mahir Ahmad Ash Shufi sangat penting bagi seorang Muslim. Khususnya saat ini yang telah dekat dengan hari akhir, untuk diketahui ilmunya dan diraih maksudnya.

Salah satu periode dalam tanda itu adalah tanda kiamat sughra, yang menurut Syekh Mahir dalam bukunya Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar adalah tanda-tanda pertama yang telah muncul dan tidak akan terulang kembali. Misalnya, wafatnya Nabi SAW, terbelahnya bulan, kematian Utsman bin Affan dan berbagai tanda lain yang telah disebutkan Rasulullah.

Baca Juga

Dinamakan demikian, bukan berarti tanda sughra berarti kecil, tapi karena tanda-tanda tersebut telah terlewat dari masa kita. Tanda-tanda itu telah terjadi pada masa Rasulullah, masa para shahabat dan masa generasi Islam pertama. Adapun tanda-tanda kiamat sughra adalah sebagai berikut.

Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW diutus sebagai pemberi peringatan, pemberi kabar gembira dan pemberi petunjuk kepada seluruh alam. Allah juga menjadikannya sebagai penutup para Nabi dan Rasul. Menjadikan risalah Islam sebagai penutup risalah yang datang dari langit. Allah berfirman:

ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا

Artinya: "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu," (QS. Al Maidah: 3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement