Selasa 20 Dec 2022 15:22 WIB

Messi Pakai Jubah Arab Tuai Komentar Rasialis dari Media Inggris

Jubah khas Arab atau bisht merupakan pakaian kehormatan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Lionel Messi dari Argentina menerima jubah tradisional Arab dari Tamim bin Hamad Al Thani (2-L), Emir Qatar, saat Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) melihat setelah Final Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Prancis di stadion Lusail, Lusail, Qatar, Ahad (18/12/2022). Messi Pakai Jubah Arab Tuai Komentar Rasialis dari Media Inggris
Foto:

Berbeda dengan kemarahan pers Inggris, banyak outlet berita Argentina menyoroti signifikansi budaya dari sikap emir tersebut. Surat kabar Argentina Telam menulis: "Bisht yang dikenakan Messi saat mengangkat piala adalah bagian dari budaya Qatar dan Arab. Dedikasinya dalam budaya Arab mirip dengan pemberian kunci kota dalam budaya Latin."

Los Andes melaporkan: "Emir Qatar telah mendandani Messi dengan mantel Qatar populer yang dia kenakan sendiri".

Video yang diposting ke media sosial setelah pertandingan juga menunjukkan penggemar Argentina membeli jubah di pasar Qatar. Kritik terhadap sikap emir itu menyusul liputan negatif Piala Dunia Qatar selama berminggu-minggu oleh media Barat.

Upacara pembukaan Piala Dunia, yang menuai pujian sebagai pertunjukan budaya Arab, tidak ditayangkan di televisi oleh BBC. Penyiar negara juga memilih menghilangkan upacara penutupan Ahad dari liputannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement