Selasa 13 Dec 2022 05:44 WIB

Baznas Depok Bantu Modal Usaha Makanan Warga Cimanggis

Bantuan modal usaha ini menjadi bagian dari Program Depok Sejahtera.

Baznas Kota Depok menyerahkan bantuan modal usaha senilai Rp 700 ribu kepada Ibu Eka Hanifah, warga Cimanggis, Depok, Senin  (12/12/22).
Foto: Dok Baznas Kota Depok
Baznas Kota Depok menyerahkan bantuan modal usaha senilai Rp 700 ribu kepada Ibu Eka Hanifah, warga Cimanggis, Depok, Senin (12/12/22).

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Baznas Kota Depok menyerahkan bantuan modal usaha senilai Rp 700 ribu kepada Ibu Eka Hanifah, istri dari bapak Maryanto, warga Jalan Manado D6, Perumahan Bukit Cengkeh I RT 08/15 nomor 03 Tugu Cimanggis, Depok, Senin (12/12/22).

Program Depok Sejahtera menjadi program unggulan Baznas Depok dalam mencetak dan menumbuhkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Bantuan modal usaha ini diharapkan dapat menjadi stimulus agar pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya.

Baca Juga

Pak Maryanto adalah salah satu warga yang terkena PHK akibat Covid-19 dan belum bekerja sampai hari ini. Istrinya bekerja sebagai pedagang minuman dan makanan yang berpenghasilan kurang lebih Rp 600 ribu selama sebulan. Kini istri Pak Maryanto kehabisan modal untuk memulai kembali usahanya. 

Baznas Kota Depok mendengar hal tersebut langsung merespons dan melakukan survei untuk membantu masalah yang sedang dihadapi Pak Maryanto dan istri.

“Bantuan modal usaha ini menjadi bagian dari Program Depok Sejahtera. Dalam ha ini, Baznas Depok memberikan modal agar masyarakat bisa menjalankan dan mengembangkan usaha,” ucap Dr Endang Ahmad Yani selaku ketua Baznas Kota Depok.

Endang Ahmad Yani melanjutkan bahwa program ini menjadi penting. “Karena, sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, UMKM memegang peranan penting terhadap PDB dengan kontribusinya yang mencapai 61 persen dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional,” ujarnya.

Ketua Baznas Depok menyampaikan Baznas Depok senantiasa berkomitmen untuk mendukung program pemerintah kota Depok. Dalam hal ini, Depok memiliki program 5.000 Wirausaha Baru (WUB) dan 1.000 Perempuan Pengusaha. “Maka dengan sinergis program ini kami yakin akan bisa menjadi motor penggerakan ekonomi di Kota Depok,” tutur Endang.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh istri Pak Maryanto karena telah dibantu modal agar usaha yang dijalaninya bisa berjalan kembali, “Terima kasih kepada Baznas Depok telah membantu kami. Dengan modal usaha ini, insya Allah akan menjadi berkah dan bermanfaat bagi kami,” ucap Eka Hanifah.

Endang menyebutkan, pada tahun ini Baznas Kota Depok akan meluncurkan program Srikandi Pejuang Ekonomi (SRIPEK) dengan anggaran yang telah dsediakan senilai Rp 1,2 miliar. “Program ini akan digulirkan pada bulan Desember ini berupa bantuan modal usaha dan pendampingan selama setahun,” ungkap Endang Ahmad Yani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement