Rabu 07 Dec 2022 02:00 WIB

BWA Berikan Layanan Kesehatan bagi Penyintas Gempa di Cianjur

Pos yang BWA dirikan cukup diminati para penyintas gempa Cianjur.

BWA  membantu para penyintas gempa Cianjur dengan membuat Pos Pelayananan Kesehatan Gratis.
Foto: Dok BWA
BWA membantu para penyintas gempa Cianjur dengan membuat Pos Pelayananan Kesehatan Gratis.

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Aksi kemanusiaan BWA (Badan Wakaf Alquran) kepada penyintas di lokasi gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, terus berlanjut. Memasuki pekan ke-2, tim BWA bersinergi dengan relawan-relawan lain yang terlibat dalam aksi kemanusiaan kali ini, bahu-membahu membantu meringankan beban penyintas yang terdampak bencana. Bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan mentah, makanan siap saji, kebutuhan sandang cukup masif terdistribusi oleh lembaga/relawan yang hadir untuk disalurkan kepada para penyintas.

Dalam kesempatan itu, BWA telah menyalurkan bantuan berupa terpal yang disalurkan langsung kepada penyintas yang sangat membutuhkan. Di samping itu, BWA juga membantu para penyintas dengan membuat Pos Pelayananan Kesehatan Gratis. “Alhamdulillah Pos yang BWA dirikan cukup diminati para penyintas dan tak sedikit dari mereka yang datang langsung Pos kami,” kata Chief of Networking and Distribution Channel BWA, Hazairin Hasan melalui rilis, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Tak cukup melayani di Pos utama, Tim Dokter didampingi dengan BWA melakukan kunjungan langsung ke beberapa desa yang terdampak bencana gempa. Selama dua pekan ini setidaknya ada 148 penyintas dari empat desa di Kecamatan Cugenang, dan satu desa di Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, mendapat pemeriksaan dan pengobatan gratis dari tim medis yang datang.

"Alhamdulillah, pengobatan ini membantu sekali, apalagi keadaan seperti saat ini," ujar Ibu Ela, salah satu penyintas dari desa Mekarsari, Kecamatan Cugenang.

Hazairin mengungkapkan, penyintas yang merasakan pelayanan kesehatan gratis dari tim medis BWA kebanyakan dari mereka adalah para lansia, dan sepertiganya anak-anak dan balita. Kebanyakan dari lansia mengeluhkan demam tinggi, batuk, pilek, dan darah tinggi bagi mereka para lansi. Sedangkan anak-anak cukup banyak mengidap batuk, pilek, gangguan pencernaan dan juga gatal-gatal.

Melihat banyaknya lokasi yang terdampak bencana, BWA berencana akan membersamai mereka hingga akhir Desember ini. “Insya Allah ke depannya kami akan mencoba membangun mushala/masjid darurat di Kampung Cibeleng Hilir, Desa Cikancana, dan juga pelayanan kesehatan gratis yang akan kami lanjutkan kembali,” ujar Hazairin.

Hazairin menyebutkan, aktivitas tim di lapangan dapat berjalan dengan baik sejauh ini, salah satunya berkat dukungan doa dan sedekah terbaik dari sahabat BWA. “BWA melalui program Sedekah Kemanusiaan kembali mengajak sahabat sekalian untuk terus memberikan bantuan dan donasi terbaiknya guna membantu saudara-saudara kita para penyintas gempa di Cianjur,” kata Hazairin.

“Semoga Allah SWT mengganti segala sumbangsih dan jerih payah kita dengan pahala yang berlipat ganda,” tuturnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement