Senin 14 Nov 2022 12:23 WIB

Sholat Sunnah dan Doa Tandai Diresmikannya Masjid Syekh Zayed

Masjid Syekh Zayed dihadiri Presiden Jokowi dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed

Rep: C02/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Sheikh Zayed Solo menjadi salah satu masjid penting di Indonesia. Sebab, katanya, masjid tersebut diproyeksikan menjadi contoh tata kelola masjid yang profesional bagi masjid-masjid lain di seluruh Indonesia.
Foto: Kemenag
Masjid Sheikh Zayed Solo menjadi salah satu masjid penting di Indonesia. Sebab, katanya, masjid tersebut diproyeksikan menjadi contoh tata kelola masjid yang profesional bagi masjid-masjid lain di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) Al-Hayyan meresmikan Masjid Raya Syekh Zayed dengan sholat dan doa, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022) pagi.  

Dari pengamatan Republika.co.id, Presiden Jokowi dan MBZ datang pukul 07.19 WIB. Kedatangannya disambut perwakilan dari Uni Emirat Arab dan beberapa menteri yang turut hadir, yakni Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.  

Baca Juga

Setelah rombongan datang, baik Jokowi dan MBZ langsung menunaikan shalat dua rakaat, yakni tahiyatul masjid. Kemudian berlanjut dengan penandatanganan penyerahan masjid kepada Republik Indonesia dari Uni Emirat Arab. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menghadiri sebagai tamu undangan peresmian masjid tersebut, Senin (14/11/2022) pagi.

Pihaknya mengatakan bahwa agenda peresmian sudah berlangsung sejak Presiden Jokowi dan MBZ sholat tahiyatul masjid bersama. 

"Datang langsung sholat, tidak ada pidato (baik dari Jokowi maupun MBZ). Langsung penandatangan kemudian ada pembacaan doa dua kali, satunya dari Gus Karim dan satunya perwakilan dari Arab," katanya. 

Menurut Ganjar acara yang berlangsung juga sangat sederhana. Peresmian tersebut menurutnya adalah bentuk selebrasi yang simpel namun sangat substantif. "Acaranya betul-betul masuk substansi tidak bertele-tele," katanya. 

Ganjar berharap bahwa masjid akan menjadi tonggak moderasi umat dalam beragama. Tentunya tanpa kehilangan fungsi utamanya sebagai tempat beribadah. 

"Mudah-mudahan masjid jadi tempat ibadah, bisa jadi pusat untuk moderasi segalanya sehingga masjid bisa menjadi centre of excellence, orang berdiskusi orang ngobrol dan tentu saja fungsi utama ibadah," terangnya. 

Foto bersama rombongan MBZ dan Presiden Jokowi di depan pelataran Masjid Raya Syeikh Zayed, Senin (14/11/2022).   

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement