Senin 14 Nov 2022 05:02 WIB

Karnaval Kebangsaan di Milad ke-95 PKU Muhammadiyah Solo

PKU Muhammadiyah Solo berusia 95 tahun.

Rep: C02/ Red: Muhammad Hafil
Kegiatan simulasi kebakaran di RS PKU Muhammadiyah Kota Solo.
Foto: Dokumen
Kegiatan simulasi kebakaran di RS PKU Muhammadiyah Kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Memperingati Milad ke-95, RS PKU Muhammadiyah Solo menggelar karnaval gebyar muktamar bertema keragaman budaya nusantara. Selain itu ada jalan sehat civitas serta keluarga RS PKU Muhammadiyah Solo

Direktur RS PKU Solo, Mardiyatmo mengatakan bahwa karnaval ini selain perayaan milad sekaligus sebagai gebyar pra muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48. Pasalnya, milad hari ini berdekatan waktunya dengan pelaksanaan Muktamar.

Baca Juga

"Milad ke 95 PKU solo kemudian Milad Muhammadiyah yang ke 100 lebih kemudian waktunya berhimpitan dengan muktamar," kata Mardiyatmo usai karnaval, Ahad (13/11/2022).

Pihaknya menjelaskan bahwa karnaval kali ini mengusung konsep keragaman budaya. Sebab semua yang ikut pawai dan jalan sehat akan menggunakan pakaian dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

"Itu menunjukkan bahwa Muhammadiyah itu terdiri dari berbagai suku bangsa dari seluruh tanah air Indonesia. Jadi tidak membeda-bedakan, jadi kita semua adalah NKRI, ya jadi NKRI masing-masing dari daerah ada perwakilan pakaiannya di sini," katanya.

Selain itu, Mardiyatmo mengatakan bahwa karnaval tersebut juga menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat. Yakni dakwah Muhammadiyah itu tidak membedakan antara suku ras dan agama.

"itu (karnaval) merupakan simbol dan pesan kepada masyarakat bahwa Muhammadiyah itu membela NKRI di dalam pelaksanaan dakwahnya sehari-harinya," terangnya.

Selanjutnya, Mardiyatmo menjelaskan bahwa setidaknya ada sekitar 3000 an peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan bertambahnya usia RS PKU Solo dapat terus menyehatkan masyarakat.

"Rs PKU sendiri dikenal oleh masyarakat dan kita dalam menjalankan perumahsakitan itu kan menyehatkan rakyat lah itu kan sebenarnya tugas utama pemerintah, namun Muhammadiyah ini sebelum merdeka sudah menolong untuk menyehatkan masyarakat jadi maka Pku Muhammadiyah harus berkembang pada waktu -waktu yang berikutnya," pungkasnya.

Sekedar informasi karnaval tersebut dimulai pukul 06.30 WIB. Sedangkan rutenya dimulai dari depan lobi gedung utama (pintu tengah) RS PKU Muhammadiyah Solo Jl. Ronggowarsito 130, menuju Area Car Free Day Slamet Riyadi, Balloon Gate di timur Hotel Novotel (Depan Master Photo) untuk penjurian lomba, dimeriahkan dengan atraksi Drum Band Hizbul Wathan, Musik Bambu, Karnaval Baju Adat Nusantara, Punakawan dan Manusia Egrang. Finish dan acara hiburan di Taman Parkir Timur RS PKU Muhammadiyah Solo (bekas Taman Putra).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement