Ahad 13 Nov 2022 00:25 WIB

10 Fakta yang Harus Diketahui Mengenai Muslim dan Piala Dunia

Hubungan Piala Dunia dengan dunia Muslim sudah berlangsung cukup lama.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja bekerja di dekat Jam Hitung Mundur Piala Dunia FIFA resmi di corniche Doha, Qatar, Rabu, 19 Oktober 2022. 10 Fakta yang Harus Diketahui Mengenai Muslim dan Piala Dunia
Foto:

6. Pertandingan paling kontroversial dalam sejarah Piala Dunia dikenal sebagai “Disgrace of Gijon atau Aib Gijon”, pertandingan yang dimainkan pada pertandingan 1982 di Spanyol antara Jerman Barat dan Austria yang mengakibatkan tersingkirnya negara Muslim, Aljazair.

7. Pertama kali tim Muslim melampaui babak pertama adalah pada 1986 ketika Maroko memuncaki grup mereka di Meksiko. Mereka kemudian kalah 0-1 dari Jerman Barat di babak berikutnya.

8. Gol terbesar yang dicetak oleh seorang Muslim di Piala Dunia adalah upaya tunggal Saeed al Owairan untuk Arab Saudi ketika mereka mengalahkan Belgia 1-0 di Amerika Serikat pada 1994.

Owairan terkenal mengambil bola di setengah lapangan dan menggiring bola 70 yard melewati empat bek Belgia, sebelum melewati Preud'homme yang tak berdaya. Gol tersebut digambarkan oleh The New York Times sebagai "gol solo yang seninya layak untuk Pele."

9. Penampilan terbaik negara Muslim di Piala Dunia adalah penampilan Turki pada 2002 ketika mereka finis ketiga di belakang Brasil dan Jerman di Korea Selatan dan Jepang. Itu juga pertama kalinya pemain Muslim tampil dalam tim resmi "All-Star" Piala Dunia, dengan tiga pemain Turki dipilih untuk kehormatan itu.

10. Di antara pemain Muslim terbesar dalam sejarah Piala Dunia adalah pemain Muslim Prancis Paul Pogba yang dinyatakan sebagai Pemain Muda Terbaik Dunia di Brasil 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement